Gali Aspirasi Lembaga Kalurahan, BPKal Sukoharjo Gelar Rembug Bareng Sukoharjo

Sleman – Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal) Sukoharjo mengundang pengurus lembaga Kalurahan dan perwakilan tokoh masyarakat se- Kalurahan Sukoharjo untuk menggelar Rembug Bareng Sukoharjo di Aula Kalurahan Sukoharjo, Kapanewon Ngaglik, Sleman, Selasa (26/4/2022).

Muthohar, ketua BPKal Sukoharjo mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya bersama dari segenap masyarakat untuk memetakan potensi dan wujud peran serta dalam proses pengembangan dan pembangunan desa.

“Lembaga Desa sebagai mitra pemerintah desa sekaligus pengampu kegiatan di tengah masyarakat tentunya mempunyai posisi strategis sebagai jembatan bagi program pemerintah Desa agar sesuai dengan kebutuhan Masyarakat. Dan pada malam kami mengundang lembaga dari unsur RW, Karang Taruna, PKK, Posyandu, Linmas, RT, KIM, LPM, pemuka adat, budaya, pemuka agama, pegiat olahraga untuk duduk bersama dan mencoba menggali apa saja yang seharusnya dilakukan sebagai sebuah lembaga demi kemajuan Desa,” terang Muthohar.

Sementara itu, Martha Ulli Isnaeni, salah satu anggota BPKal menambahkan bahwa kegiatan ini juga sebagai wujud pelaksanaan salah satu ketugasan BPKal dalam hal menggali aspirasi masyarakat.

“Harapannya dengan pertemuan semacam ini, akan terbangun sinergitas yang baik antar lembaga Desa, BPKal dan Pemerintah Kalurahan dalam mendukung program pembangunan dan pengembangan Desa. Hasil pertemuan ini tentunya bisa menjadi bahan masukan bagi prioritas program Desa, sekaligus menjadi update informasi tentang apa yang terjadi di tengah masyarakat atau bahkan bisa menjadi pemecah kebuntuan atas kendala- kendala yang dihadapi lembaga dalam menjalankan tugas dan kewenangannya,” papar Martha Ulli dalam pengantar diskusi.

Acara diskusi antar lembaga ini berlangsung dengan cair, komunikatif dan partisipatif. Satu persatu dari lembaga kalurahan menyampaikan apa yang menjadi aspirasi, harapan atau bahkan keluh kesah kendala yang selama ini mereka hadapi.

Ditemui seusai acara, Marjonet selaku perwakilan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) secara khusus mengapresiasi terselenggaranya acara ini dan berharap hasilnya tidak hanya berhenti di sini saja.

“Dari pertemuan ini, saya berharap dapat ditindaklanjuti dengan pembentukan forum komunikasi lembaga Kalurahan Sukoharjo, sehingga sinergitas antar lembaga sebagai salah satu poin kesimpulan diskusi tadi dapat benar- benar terwujud,” tandas Marjonet. (DHI/KIM Ngaglik)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts