Gali Tanah Untuk Kolam Ikan Warga Prambanan Temukan Batuan Candi

batuSleman – Warga Dusun Pulerejo Desa Bokoharjo Kecamatan Prambanan Sleman, Untoro (33) menemukan bebatuan yang diduga merupakan Bangunan Cagar Budaya (BCB). Batu dengan panjang 162 sentimeter, tebal 58 sentimeter dan lebar 36 sentimeter ini pertama kali ditemukan, Rabu (17/9) lalu  sekitar pukul 15.00 WIB.

Informasi yang berhasil dikumpulkan ketika itu Untoro hendak menggali tanah untuk memperdalam kolam ikan. Tiba-tiba cangkulnya mengenai sebuah batu yang cukup keras. Ketika dia lihat ternyata ada reliefnya. Temuan baru dia laporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jogja.

“Baru saya laporkan, Kamis (18/9) pagi. Oleh petugas, batu ini diangkat dengan pengawasan dari pihak kepolisian. Katanya mau dibawa ke Candi Prambanan. Penggalian di kolam juga saya teruskan, sebab kalau tidak menemukan batu itu pasti sudah selesai,” kata Untoro, kemarin.

Untoro sengaja menggali kolam ikan yang merupakan tanah kas desa Bokoharjo ini, karena 1 kuintal benih ikan bawah mati semua. Padahal sudah umurnya sudah 2,5 mulai dan sebentar lagi akan saya panen. Tapi tidak tahu kenapa, tiba-tiba mati semua.

“Tapi ya tidak tahu, apa matinya ikan ini karena ada batu candi atau tidak,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts