Grojogan Watu Purbo, Objek Wisata Baru yang Tawarkan Pemandangan Alam

Sleman tidak pernah berhenti menawarkan sajian wisata alternatif yang menarik, pemandangan alam nan eksotik, artistik nan menggelitik untuk dikulik.

Apalagi di era industri 4.0 di mana dunia digital bisa memberikan warna serta sebaran yang masif di dunia maya sehingga masyarakat bisa mengakses objek wisata tersebut. Meskipun wisata tersebut berada di pelosok terpencil sekalipun, namun jika sudah menjadi topik teratas dalam media sosial di manapun pasti diburu.

Salah satu yang sedang naik daun saat ini adalah Grojogan Watu Purbo terletak di Dusun Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman. Destinasi yang masih terhitung baru ini sebenarnya adalah aliran sungai Kali Krasak yang berhulu di Gunung Merapi. Aliranya terbentuk dari 6 buah sabo dam yang tersusun bertingkat dengan ketinggian 3 sampai 7 meter sehingga tercipta air terjun atau dalam bahasa Jawa disebut grojogan. 

Tempat ini juga menjanjikan spot foto selfi yang begitu menarik dan aliran sungai serta taman bunga yang indah. Pun, wisatawan dapat menikmati kuliner pedesaan yang menggugah selera dengan dilatarbelakangi birunya Gunung Merapi.

Salah satu pengunjung Grojogan Watu Purbo, dr. Raudi Akmal, yang menyempatkan untuk menyusuri objek ini Sabtu (25/1/2020) mengatakan tempat ini berpotensi menjadi objek wisata alternatif baru di Sleman. 

Raudi berharap ke depan lokasi ini juga bisa menjadi area edukasi. ”Tidak melulu orang datang untuk berselfi, wisata ini bisa dikonsep untuk mengetahui fungsi dari dam. Area sekitarnya juga bisa dikelola misal untuk ajang outbond dengan menikmati pemandangan alam yang ada di sekitarnya,” saran Raudi. (Arif Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts