Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 Gamping Lakukan Razia Masker

Dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Covid-19 seta menegakkan Peraturan Bupati Sleman Nomor 37.1 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019, maka Satuan Gugus Tugas Penanganan dan Pengendalian Covid-19 Kapanewon Gamping menggelar operasi yustisi di pasar tradisional Gamping yang terletak di Jalan Wates, Kelurahan Ambarketawang, Jumat (9/10/2020).

Kegiatan dilakukan oleh Panit II Binmas Polsek Gamping, Aiptu Joko Susanto, Panit I Sabhara, Iptu Subilal, BA Unit I Sabhara, Aipda Dwi Saputro, Basihumas Aipda Itmam Arifudin, Anggota Koramil 17/GP, Koptu Nur, Kepala Jawatan Keamanan Kapanewon Gamping, Harley Benyamin, serta anggota Mitra Kamtibmas Tim Reaksi Cepat Gamping yang sudah berkomitmen untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kapanewon Gamping.

Menurut Aiptu Joko Susanto, operasi yustisi protokol kesehatan Covid-19 di Pasar Tradisional Gamping bertujuan untuk menegakkan penerapan protokol kesehatan, terutama dalam penggunaan masker guna menekan penyebaran virus corona, serta meningkatkan kepatuhan warga dalam menyikapi tingginya angka pasien yang terpapar virus yang berbahaya ini.

“Mudah-mudahan masyarakat yang beraktivitas di dalam pasar tradisonal Gamping ini bisa lebih patuh dan taat terhadap protokol kesehatan Covid-19 karena virus corona masih ada di sekitar kita. Tujuan kami agar pedagang dan pengunjung pasar selalu memakai masker untuk memutus rantai penyebaran virus,” harap Aiptu Joko.

Satuan Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 Kapanewon Gamping dalam operasi kali ini mendapati beberapa pengunjung pasar yang tidak mengenakan masker. Mereka menyadarkan para pelanggar protokol kesehatan secara persuasif dengan memberikan nasehat tentang bahayanya virus corona dan pentingnya mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta memberikan sanksi untuk menumbuhkan rasa nasionalisme para pelanggar dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri, Indonesia Raya, atau menyebutkan sila-sila dalam Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.

“Selain memberikan hukuman yang mendidik, kami juga memberikan masker secara gratis bagi pengunjung Pasar Gamping yang tidak mengenakan masker, serta mengingatkan pelanggar agar selalu mengenakan masker setiap berada di luar rumah,” tambah Aiptu Joko. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna|Kapanewon Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts