Hidupkan Kamling Deteksi Dini Tindak Kejahatan

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman dan Polres Sleman menggelar Pembinaan Keamanan Lingkungan (Kamling), Rabu (4/3/2020) bertempat di Gardu Ronda Padukuhan Kebur Lor, Argomulyo, Cangkringan.

Edi Wibowo selaku Sekretaris Kecamatan Cangkringan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kecamatan Cangkringan mempunyai keunikan dibandingkan dengan kecamatan lain di Kabupaten Sleman.

“Paling luas wilayahnya, jumlah penduduk terkecil, tidak ada lampu merah, tidak ada pom bensin, serta mempunyai Gunung Merapi,” jelas Edi.

Dari keunikan tersebut menurut Edi lalu lintas di wilayah Cangkringan semestinya lancar akan tetapi karena banyaknya armada truk yang melintas di Cangkringan berakibat kurang nyamannya jalur transportasi. Oleh karena itu, dikatakan Edi mengaktifkan Kamling akan memiliki dampak positif bagi masyarakat Cangkringan. Pun, kata Edi dengan diaktifkan Kamling, masyarakat dapat mengetahui sedini mungkin dari bahaya yang timbul apabila terjadi erupsi Merapi.

Kasat Binmas Polres Sleman, AKP Ani Sulistyarini menambahkan bahwa dengan aktifnya Kamling dapat berfungsi sebagai ajang silaturahmi.

“Bisa menyelesaikan masalah serta dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat, bahkan mencegah dan deteksi dini tindak kejahatan,” tandas Ani. Pembinaan Kamling diakhiri dengan praktik pemukulan kentongan sebagai alat untuk mengetahui tindak kejahatan yang terjadi oleh Ipda Rohmadi. (KIM Cangkringan/Mujiyanta)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts