Internet Gratis Tingkatkan Peluang Usaha Warga

Pemkab Sleman meresmikan program internet gratis bagi warga di Balai Pertemuan RW 33 Perum Sleman Permai II, Sanggrahan, Tlogoadi, Mlati, Sleman pada Senin (26/10/2020). Peresmian tersebut dihadiri oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo, Kepala Diskominfo Sleman, Eka Suryo Prihantoro, dan Anggota Komisi X DPR RI, Esti Wijaya.

Menurut Sri Purnomo, ketika pandemi Covid-19 internet menjadi kebutuhan yang penting. Dikatakannya, selain kegiatan belajar dari rumah, kegiatan ekonomi juga bergantung pada internet.

“Harapan dari program internet gratis ini turut mencerdaskan anak-anak bangsa, selain itu usaha UMKM dapat meningkatkan penjualannya melalui sistem online,” tutur Sri Purnomo.

Internet gratis yang terpasang ini dapat terkoneksi lebih dari 40 device maka dari itu fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh warga semaksimal mungkin.

“Program internet gratis ini nantinya akan diperluas di tiap-tiap dusun, namun penggunaan internet gratis tetap perlu dibimbing oleh orang-tuanya” tambahnya.

Joko Susiono, Ketua RW 33 Sanggrahan menambahkan bahwa status warga RW 33, 80% adakah pekerja informal, 10% adalah Aparatur Sipil Negara dan terakhir 10% pensiunan. Oleh karena itu, ketersediaan internet ini menurutnya dapat membantu warga yang berprofesi sebagai pekerja informal, salah satunya petani anggur Ukraina.

“Warga RW 33 sangat membutuhkan peningkatan pendapatan pada usaha-usaha konvensional salah satunya penjualan bibit anggur Ukraina dengan menggunakan sistem penjualan online,” ujarnya.

Hal ini pun didukung oleh Bupati Sleman yang bersedia membantu menyediakan lahan kosong untuk ditanami bersama-sama dengan menggunakan sistem bagi untung. (Rep Izzat, Foto Gassing)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts