Jelang Lebaran, Pasar Kolombo Dipenuhi Penjual Selongsong Ketupat

Depok – Seperti tahun sebelumnya, meski masih dalam situasi pandemi Covid-19 setiap H-1 lebaran banyak penjual tiban selongsong ketupat yang memenuhi Pasar Kolombo, Jalan Kaliurang, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman seperti terlihat pada Rabu (12/5/2021). Para pedagang ini tak hanya warga Sleman, tapi juga berasal dari luar Sleman seperti Klaten dan sekitarnya.

Mereka datang sejak pukul 5 pagi dan meluber menggelar selongsong ketupat di sepanjang pinggir Jalan Kaliurang. Ini menjadi pemandangan khas tersendiri begitupun para pembeli yang ramai mencari kebutuhan untuk persiapan lebaran seperti daging, bumbu, dan buah-buahan.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji bersama tim saat pemantauan di lapangan memberikan himbauan kepada para pengunjung pasar Kolombo untuk tetap memakai masker. Selain itu pihak keamanan pasar Kolombo juga melalui pengeras suara aktif memberi himbauan dan peringatan kepada pengunjung pasar agar hati-hati menjaga tas atau dompetnya agar terhindar dari copet yang mungkin ada memanfaatkan situasi keramaian pengunjung pasar.

“Tujuan dari pemantauan ini adalah untuk memberi rasa aman bagi pengunjung pasar, juga memberikan himbauan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” terang Reno Candra Sangaji.

Untuk menjaga kondisi agar tidak terlalu berdesakan, Bhabinkamtibmas membantu petugas parkir kendaraan bermotor yang parkir sampai bahu jalan Kaliurang agar lalu lintas tetap lancar, sehingga keramaian pengunjung bisa mulai berkurang dan berangsur normal setelah pukul 9 ke atas.

Pasar Kolombo adalah salah satu pasar desa di Kabupaten Sleman. Pasar tradisional ini tetap mempertahankan kekhasannya dimana banyak petani yang menjual langsung hasil panennya di sana.(Wasana/KIM Depok)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts