Kalurahan Donoharjo Bekerja Sama dengan Dinkes Sleman Gelar Vaksinasi Massal

Donoharjo – Kalurahan Donoharjo bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menggelar Vaksinasi Massal dosis pertama di Komplek Kantor Kalurahan Donoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Senin (13/9/2021). Vaksinasi yang dilakukan menggunakan jenis vaksin Sinovac, dan tersedia 1500 dosis untuk masyarakat umum yang berusia minimal 12 tahun.

Dani Prasetyo, Kamituwo Kalurahan Donoharjo mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi massal ini terselenggara atas bantuan beberapa pihak yang terlibat.

“Mulai dari para kader di tingkat padukuhan yang melakukan pendaftaran secara manual dan pendaftaran pada link daftarvaksin.slemankab maupun di link pedulilindungi, sampai rekap data di tingkat kalurahan sehingga saat pelaksanaan proses registrasi tidak menemui kendala,” jelas Dani.

Ia juga mengapresiasi peran para relawan dan tenaga kesehatan di lapangan yang melakukan pengaturan peserta, skrining, vaksinasi, dan observasi yang telah bekerja secara maksimal sehingga semua berjalan lancar, aman, dan tertib.

Dani berharap, dengan pelaksanaan vaksinasi ini dapat menciptakan herd immunity (kekebalan komunal) sehingga dapat penyebaran COVID-19, khususnya di wilayah Donoharjo. Masyarakat yang telah divaksin juga diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, dr. Patimah Haryati, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Sleman yang menjadi Koordinator Lapangan pelaksanaan vaksinasi mengatakan Dinkes Sleman selalu berkomitmen untuk mengendalikan dan mencegah penyebaran COVID-19 dengan melakukan vaksinasi agar secepatnya terbentuk kekebalan komunal.

“Salah satu cara untuk mencapai herd immunity adalah dengan vaksinasi. Vaksin melatih sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi melawan penyakit,” ujar Patimah ketika ditemui di sela-sela acara.

Menurut Patimah, vaksinasi dapat menurunkan angka penularan dan kematian, sehingga dapat mempercepat pemulihan kesehatan masyarakat yang dapat membuat aktivitas masyarakat kembali lancar dan meningkatkan ekonomi di Kabupaten Sleman.

Dinkes Sleman, lanjut Patimah, telah memiliki satuan kerja yang dapat melakukan vaksinasi massal hingga mencapai 8 titik dalam sehari di sentra dan pos pelayanan imunisasi yang telah ditentukan. Sehingga masyarakata tidak perlu khawatir kehabisan stok vaksin, karena Dinkes telah memastikan stok vaksin dan SDM pelaksana vaksin mencukupi.

“Tinggal masyarakat memilih sesuai vaksin yang diinginkan dan disesuaikan dengan kelompok prioritas yang akan mendapatkan vaksin,” ungkap dr. Patimah. (Upik Wahyuni/KIM Donoharjo)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts