Kalurahan Sambirejo Kulik Program Kampung Ramah Anak di Condongcatur

Condongcatur – Pemerintah Kalurahan Sambirejo, Kapanewon Prambanan mengunjungi Kalurahan Condongcatur untuk mempelajari program Kalurahan Layak Anak, Rabu (22/9/2021). Kunjungan yang dipimpin oleh Lurah Sambirejo, Wahyu Nugroho tersebut diterima langsung oleh Pj. Lurah Condongcatur, Sugiyanto.

Dalam kunjungannya, Wahyu Nugroho mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan dalam kunjungannya adalah untuk belajar dan mengetahui bagaimana penerapan Kampung Ramah Anak yang ada di Kalurahan Condongcatur. “Baik mengenai kegiatan, penataan, fasilitas, dan peraturan yang diterapkan,” ungkap Wahyu.

Kamituwa Condongcatur, Al Thouvik Sofisalam menuturkan bahwa program Kampung Ramah Anak di Condongcatur merupakan wujud dari komitmen antara satgas dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang ramah terhadap pertumbuhan anak.

“Orang tua di kampung mempunyai kesadaran untuk membatasi anak dalam penggunaan gadget, dan mengefektifkan jam belajar anak yang diawasi oleh satgas. Hak anak juga dipenuhi seperti penyediaan ruang dan fasilitas bermain anak,” ungkap Al Thouvik.

Untuk mewujudkan Kampung Ramah Anak, Kalurahan Condongcatur juga didukung dengan penyediaan anggaran di APBKal. “Itu merupakan komitmen kalurahan dalam pembangunan yang sifatnya non fisik, yang hasilnya membutuhkan proses waktu untuk dapat dirasakan oleh masyarakat,” imbuh Al Thouvik

Ia juga memberikan beberapa contoh penerapan fasilitas kampung ramah anak di Kantor Kalurahan Condongcatur, di antaranya adanya ayunan anak di kursi tunggu kantor kalurahan, perpustakaan yang bisa dikunjungi anak saat jam pembelajaran di luar jam sekolah, dan beberapa kegiatan roadshow sosialisasi ramah anak dengan kunjungan ke berbagai sekolah. Selain itu, penerapa program tersebut juga diikuti dengan pemberian fasilitas untuk perempuan dan difabel seperti ruang laktasi, dan kamar mandi dengan jalur khusus untuk penyandang disabilitas. (Wasana/KIM Depok)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts