Kalurahan Sumbersari Gelar Bimtek Pendataan Guna Sukseskan SDGs

Demi menyukseskan pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs), Pemerintah Kalurahan Sumbersari menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendataan SDGs, Minggu (13/6/2021). Bertempat di Pendopo Kalurahan Sumbersari, Kapanewon Moyudan, Kabupaten Sleman, acara diikutri oleh RT se-Kalurahan Sumbersari, dengan pelaksanaan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama berlangsung dari pukul 10.00-12.00 yang diikuti oleh Padukuhan I sampai VI, dan sesi kedua berlangsung dari pukul 13.00-15.00.

Acara bimtek juga dihadiri langsung oleh Lurah Sumbersari, Carik Sumbersari, Kepala Urusan Pangripta Sumbersari, dan Pendamping Desa Kapanewon Moyudan.

Lurah Sumbersari, Bambang Sardhana pada sambutannya mengatakan bahwa program SDGs ini merupakan program Kementerian Desa, Percepatan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi yang bertujuan untuk yang memajukan desa.

“Mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan,  desa ekonomi tumbuh merata,  desa peduli kesehatan,  desa peduli lingkungan,  desa peduli pendidikan,  desa ramah perempuan, desa berjejaring,  serta desa tanggap budaya,” ungkap Bambang.

Carik Sumbersari, Junaidi yang juga bertindak sebagai narasumber pertama pada bimtek menerangkan bahwa pendataan SDGs merupakan langkah yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari masyarakat sesuai keadaan yang sebenarnya. Data tersebut nantinya akan digunakan sebagai dasar penggunaan dana desa.

“Pendataan akan dilakukan secara manual oleh pendata kemudian dilakukan rekap data dengan aplikasi oleh seorang admin di tingkat kelurahan,” terangnya.

Sementara itu, Pendamping Desa Kapanewon Moyudan, Suharti yang menjadi narasumber kedua menuturkan bahwa pendataan yang dilakukan meliputi 4 survei, yaitu survei tingkat desa, RT, keluarga, dan individu. Suharti juga memberikan penjelasan mengenai teknik pengisian kolom yang ada di lembar pendataan. (Eny MS/KIM Sumber Birawa Kapanewon Moyudan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts