Kapanewon Depok Gelar Pelatihan Merangkai Bunga untuk Ibu-ibu

Wangi bunga menyelimuti Gedung Pertemuan Sasana Anglocita Tama Kapanewon Depok pada Selasa (8/6/2021). Sekumpulan Ibu-ibu terlihat menata daun dan beberapa bunga pekarangan.

Suasana tersebut yang terlihat dalam kegiatan Sekolah Rabu dan TP PKK Kapanewon Depok, Sleman ketika menggelar pelatihan merangkai bunga yang menghadirkan Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) Cabang Sleman sebagai narasumber dan instruktur dalam kegiatan tersebut.

“Bunga bisa sebagai simbol suka dan duka. Banyak momen yang menghadirkan rangkaian bunga seperti kematian dan momen bahagia seperti pernikahan dan wisuda,“ tutur Abu Bakar, Panewu Kapanewon Depok yang menghadiri kegiatan pelatihan.

Abu menyebutkan bahwa di Kapanewon Depok sediri, tepatnya di Tajem, Kalurahan Maguwoharjo, sudah ada kelompok budidaya tanaman hias seperti anggrek dan krisan. Ia berharap bisa menambah nilai ekonomis dan nilai jual.

“Ke depan bisa dikembangkan dengan merangkai buah dan sayuran,“ imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Lucia Andri Nurini, salah satu narasumber dari IPBI. Menurutnya, bunga dapat memberikan kebahagian dan mempengaruhi psikologis seseorang.  

“Sebagai contoh ketika momen wisuda, tentu akan sangat senang bila ada yang memberi bunga,” tutur Lucia, saat memberikan pengarahan di hadapan para peserta.

Lebih lanjut Lucia menjelaskan bahwa bunga sebagai bentuk bahasa cinta dan kasih. Ia mencontohkan bahwa karakter seseorang yang keras atau dalam kondisi marah, bisa mereda dan lembut ketika melihat bunga.

“Di sinilah bunga bisa berdampak pada aspek psikologis seseorang,“ jelasnya.

Para peserta pelatihan sendiri, tambah Lucia, diberikan materi bagaimana cara merangkai bunga yang berasal dari pekarangan rumah. Hal ini dilakukan agar lebih hemat biaya dan bisa memberikan manfaat. “Pada pelatihan kali ini sengaja dipilih bunga-bunga dan dedaunan dari tanaman pekarangan rumah, agar bisa menambah nilai manfaatnya,” tambah Lucia.

Selain itu, para peserta juga diberikan teknik dasar memilih bunga, bentuk-bentuk rangkaian, dan teknik memilih bunga dan daun yang pas disesuaikan tingkat keawetan dan tujuan dari rangkaian bunga itu sendiri. (Andri Afriyanto, KIM Depok)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts