Kapanewon Ngemplak Gelar Konseling dan Edukasi bagi Calon Pengantin

Menindaklanjuti pentingnya persiapan bagi calon pengantin agar sukses dalam membina rumah tangga, Kapanewon Ngemplak bersama Puskesmas Ngemplak II mengadakan kegiatan edukasi yang bertajuk Kesehatan Reproduksi dan Perencanaan Kehamilan pada Calon Pengantin atau Pasangan Baru pada Senin (11/10/2021)

Bertempat di Balai Kalurahan Wedomartani, kegiatan konseling calon pengantin tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada calon pengantin baru tentang kesehatan reproduksi dan bagaimana merencanakan keluarga dengan sebaik mungkin dan agar dapat mendapatkan keturunan yang sehat, cerdas, dan bebas stunting.

Dalam kesempatan tersebut, Sumariyah selaku Panewu Ngemplak menekankan pentingnya pemahaman kesehatan reproduksi untuk mempersiapkan keturunan yang sehat sebagai upaya menurunkan angka stunting.

“Program edukasi calon pengantin, program ibu hamil,  program ASI eksklusif hingga program pemberian makanan bayi dan anak (PMBA) menjadi edukasi utama bagi calon pengantin,” imbuhnya.

Sementara itu, Psikolog Puskesmas Ngemplak II, Yunia Puspita, menyampaikan bahwa persiapan yang dibutuhkan dalam pernikahan meliputi persiapan fisik pengasuhan anak, pengelolaan ekonomi keluarga dan yang tak kalah pentingnya adalah faktor psikis.

“Karena dalam suatu pernikahan ada berbagai konflik, dibutuhkan kesiapan dalam menghadapi serta bagaimana menyelesaikan konflik secara bersama-sama,” kata Yunia.

Selain itu, Diana selaku Bidan Puskesmas Ngemplak II menambahkan bahwa sebelum menikah, sebaiknya setiap calon pengantin sudah merencanakan persiapannya meliputi, kehamilan, psikologis, dan pengasuhan anak sedini mungkin.

Diana juga menegaskan bahwa setelah pemeriksaan kesehatan di Puskesmas sebagai syarat ke KUA, pasangan calon pengantin harus diberikan pendidikan menjelang pernikahan.

“Edukasi persiapan dan kesiapan rencana berumah tangga, juga dari segi kesehatan ibu hingga anak kelak secara umum dari laborannya dan konsultasi dari psikolog,” tandasnya. (Nuradi-KIM Ngemplak)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts