Karakter Mulia dan Tujuan yang Jelas adalah Kunci Sukses Seseorang

Salah satu hal yang harus diperhatikan bagi peserta didik adalah akhlak dan karakter mulia. Seorang peserta didik harus memiliki karakter dan kepribadian yang disiplin, serta menjunjung tinggi kejujuran. Hal itu yan disampaikan oleh Mohamad Yusuf, Kepala Sekolah MAN 4 Sleman, ketika membuka acara Achievement Motivation Training (AMT) bagi peserta didik kelas XII IPS dan IIK, Rabu (10/3/2021) di Aula MAN 4 Sleman.

Yusuf mengingatkan agar para peserta didik memiliki niat dan hasrat untuk menomorsatukan pendidikan, supaya dapat meraih kesuksesan hidup.

“Sebagai peserta didik madrasah, untuk dapat mencapai kesuksesan harus lulus terlebih dahulu dari madrasah ini. Oleh karena itu, ikuti dan jalani semua persyaratan yang diberlakukan di madrasah agar lulus dengan nilai baik. Dengan nilai baik akan lebih mudah studi lanjut kuliah di Perguruan Tinggi yang diinginkan,“ pesan Yusuf.

Sementara itu, Nurwahyudin Al-Azis, seorang motivator yang sudah sering mengisi di tingkat nasional menegaskan bahwa sukses itu harus dibangun dari diri sendiri. Menurutnya salah satu cara usaha yang dapat dilakukan oleh peserta didik adalah rajin berolahraga, seperti senam dan senam otak untuk memicu otak bagian Neurocortex lebih aktif.

Azis juga menambahkan bahwa penting bagi peserta didik untuk mengenali penyebab kegagalan dalam diri seseorang, seperti tujuan yang tidak jelas, menganggap tujuan mustahil, tidak merasa harus, tidak fokus, pembenaran kesalahan, beralasan, menyalahkan, dan tidak tahu jalur menuju sukses.

“Peserta didik kelas XII ibarat berada di tempat yang posisinya genting. Maka harus sadar posisi, supaya tidak terjatuh. Untuk sukses perlu memiliki tujuan yang jelas, pastikan tujuan dituliskan,” beber Azis ketika memberikan materi mengenai Auto Suggestion Power.

Untuk menghindari kegagalan, seseorang harus menghapus beberapa sifat yang dapat menjadi penyebabnya seperti minder, pesimis, malas, dan ceroboh. “Minder adalah penghambat kesuksesan, pesimis penghalang kesuksesan, malas adalah musuh utama kesuksesan, sedangkan ceroboh adalah penghancur kesuksesan. Ingat prestasi luar biasa tidak bisa diraih dengan biasa,” tandas motivator yang juga pernah mengisi pelatihan di berbagai provinsi itu. (KIM Moyudan/eds)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts