Kecamatan Cangkringan Perangi Stunting

Kecamatan Cangkringan menunjukkan respon yang baik terkait isu stunting. Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Cangkringan melaksanakan kegiatan Konvergensi Pencegahan Stunting dengan melibatkan kader kesehatan, kader PAUD dan Kepala Seksi Pelayanan Pemerintah Desa se-Kecamatan Cangkringan.

“Kegiatan konvergensi stunting ini sangat penting sebagai wujud kesiapsiagaan Kecamatan Cangkringan dalam merespon isu terkait stunting. Semoga di Cangkringan terjadi peran aktif seluruh lapisan masyarakat dalam pencegahan stunting, dan angka stunting dapat lebih ditekan pada generasi yang akan datang,” harap Marmansyah, Ketua TPID Kecamatan Cangkringan saat Konvergensi Pencegahan Stunting di Kantor Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Senin (22/7/2019).

Angka stunting (gagal tumbuh/kerdil) di Indonesia berada dalam kisaran 38% dari jumlah penduduk seluruh Indonesia, sedang untuk Kabupaten Sleman berada pada 19,8 % dan Cangkringan ada di kisaran 7%. Ambang batas minimal adalah 20%.

“Walaupun Sleman berada di bawah ambang batas bukan berarti kita tidak bersiap dalam menanggulangi angka stunting,” tambah Marmansyah.

Peran desa dengan APBDes sangat diperlukan dalam penanganan dan pencegahan stunting. Agung Dwi Maryoto, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Cangkringan menyampaikan bahwa setiap desa di Cangkringan telah bersepakat dalam APBDes sudah mengalokasikan 10% dari Dana Desa untuk penanganan masalah kesehatan. Cangkringan juga merupakan salah satu kecamatan yang telah memproklamirkan Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan).

Sementara itu Sugeng, Kepala Puskesmas Cangkringan menyampaikan bahwa stunting harus dicegah dari sejak remaja putri beranjak dewasa sampai dengan menjadi ibu rumah tangga. Kegiatan yang dilakukan Puskesmas untuk memerangi stunting adalah dengan pemberian dan minum kapsul penambah darah secara bersama dan rutin setiap hari Sabtu di sekolah SMP dan SMA, sosialisasi dengan calon ibu terkait dengan penyiapan gizi keluarga, serta kegiatan Posyandu dan pelayanan Puskesmas Keliling rutin di 78 Posyandu yang ada di wilayah Cangkringan.(KIM Cangkringan/Marmansyah)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts