Kelompok Perikanan Kronggahan Juara Nasional Pembesaran Ikan

Sleman – Kelompok Perikanan “Tegal Makmur” Dusun Kronggahan Desa Trihanggo Kecamatan Gamping Sleman, berhasil meraih juara nasional perikanan bidang pembesaran ikan pada tahun 2013.

“Atas prestasinya itu, kelompok perikanan tersebut berhasil mendapatkan hadiah uang sebesar Rp24,9 juta,” kata Sekretaris Kelompok Perikanan Tegal Makmur Kronggahan Trihanggo Gamping, Paijo, di Sleman, Senin (24/3).

Kelompok perikanan yang berdiri sejak tahun 2008 ini, hingga sekarang sudah bisa berkembang cukup pesat dan telah berprestasi beberapa kali di tingkat Kecamatan, Kabupaten maupun Provinsi. Dan terakhir berhasil meraih juara nasional bidang pembesaran ikan di tahun 2013.

Menurut Paijo, hingga saat ini jumlah anggota kelompoknya sudah mencapai 40 orang dengan jumlah kolam 90 petak yang berada di areal seluas 1,8 hektare. “Selama ini kelompok kita mengadakan pembesaran ikan mulai dari bibit dan dibesarkan selama 5 bulan sudah siap dijual untuk konsumsi,” kata Paijo.

Untuk penjualan ikan komsumsi tidak perlu repot, karena pembeli sudah datang sehingga tidak mengalami kesulitan. Untuk melakukan pembelian bibit ikan juga tidak masalah karena dari Sleman sudah tersedia banyak.

“Bibit ikan per kg nya Rp20.000 dengan jumlah 80 sampai 90 ekor, sedang untuk ikan konsumsi harganya Rp18.000 per kg,” kata Paijo.

Dikatakan Paijo dalam sebulan rata-rata hasil produksi ikannya mencapai 1 ton (ikan siap konsumsi). Berdasarkan laporan anggota kelompok selama tahun 2013 lalu kelompok bisa menjual ikan konsumsi sebanyak 18 ton. Karena itu dengan perkembangan kelompok ikan ini, anggota semakin semangat.

“Dengan prestasi tingkat nasional membuat kita lebih semangat dan hadiah yang kita peroleh akan digunakan untuk membuat balai pertemuan,” tutur Paijo.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts