Kelompok Ternak Ngudirejo Pringwulung Terima Bantuan 6 Ekor Sapi

Depok – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY menyerahkan bantuan 6 ekor Sapi Peranakan Ongole (PO) berjenis kelamin betina kepada Kelompok Ternak Ngudirejo Pringwulung di Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Jumat (9/4/2021). Bantuan sapi ternak ini diserahkan oleh Kepala Dinas DPKP DIY, Sugeng Purwanto bersama anggota DPRD DIY, Yuni Satya Rahayu.

Bantuan diterima Lurah Condongcatur didampingi Kelompok Ternak Ngudirejo bersama PPL Pertanian dan Peternakan Depok, Ulu Ulu, Dukuh dan RT RW Pringwulung.

Sugeng Purwanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan sapi ini bersifat hibah. “Agar dikembangkan sehingga populasi ternaknya bisa bertambah di Kelompok Tani Ternak Ngudirejo Pringwulung Condongcatur ini,” harap Sugeng.

Kelompok Ternak Ngudirejo saat ini beranggotakan 35 orang yang terbagi dalam 3 sub kelompok yaitu kelompok sapi/lembu, kelompok tani ternak kambing/domba dan kelompok tani ternak unggas, ditambah 2 orang anggota yang mencoba membudidayakan ikan hias Betta dan sejenisnya.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, mengucapkan terimakasihnya atas perhatian dan bantuannya dari DPKP DIY dan anggota DPRD DIY ini. “Semoga bantuan hibah 6 ekor sapi PO betina ini dapat mensejahterakan anggotanya,” ujar Reno. Pada kesempatan ini Pemerintah Kalurahan Condongcatur juga menyerahkan bantuan dana untuk kegiatan kelompok sebesar Rp1.000.000 kepada Kelompok Tani Ternak Ngudirejo.

Sapi Peranakan Ongole (PO) adalah sapi yang asalnya dari India dan masih tergolong jenis sapi zebu atau sapi berpunuk yang banyak dibiakkan oleh para peternak pulau Sumba secara alami.

Beberapa keunggulan sapi PO adalah mampu berdaptasi terhadap berbagai kondisi lingkungan, cepat bereproduksi, tempramen bagus, tahan terhadap ekto dan endoparasit, pertumbuhan relatif cepat, persentase karkas dan kualitas daging baik, aktivitas reproduksi induknya cepat kembali normal setelah beranak, dan jantannya memiliki kualitas semen yang baik.(Wasana/KIM Depok)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts