Ketahui Kebutuhan Pupuk Bersubsidi dengan Susun RDKK

Cangkringan – UPTD BP4 Wilayah VI mengadakan Sosialisasi Penyusunan RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) tahun 2021 pada Kamis (16/1/2020) bertempat di Aula UPTD BP4. Sosialisasi tersebut diadakan dengan maksud untuk mengetahui kebutuhan pupuk bersubsidi bagi petani khususnya petani di wilayah Kecamatan Cangkringan dan Ngemplak. Sosialisasi dilakukan di bulan Januari ini dengan harapan bulan Maret usulan RDKK sudah masuk ke Bupati Sleman kemudian disahkan melalui SK Bupati mengenai jumlah kebutuhan pupuk bersubsidi.

Sosialisasi dihadiri dari berbagai elemen yaitu dari Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), perwakilan Pemerintah Desa, perwakilan Kecamatan, Penyuluh, serta Baninsa. Selain itu pihak UPTD BP4 juga menghadirkan Supriyanto, Penyuluh Pertanian Muda dari Dinas Pertanian Kabupaten Sleman sebagai narasumber.

Disampaikan Supriyanto bahwa sebenarnya jenis pupuk bersubsidi tidak hanya Urea namun ada 5 jenis, yaitu Urea, NPK, ZA, SP 36, dan Organik. “Selama ini masyarakat khususnya petani hanya mengetahui jenis pupuk bersubsidi hanya Urea saja,” ungkapnya.

Lebih lanjut Supriyanto menjelaskan bahwa luasan lahan pertanian di wilayah Kabupaten Sleman semakin berkurang setiap tahunnya sehingga penyusunan RDKK menjadi penting untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan pupuk bersubsidi bagi masyarakat. (KIM Cangkringan/Andi Ferdana)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts