KIM Dorong Masyarakat Aktif, Kreatif, dan Mandiri

Kalasan – Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) harus mampu mendorong masyarakat aktif, kreatif, dan mandiri dalam menyikapi derasnya arus informasi dari berbagai media. Dalam hal ini KIM juga dituntut peduli dan peka membedakan antara informasi yang benar dan akurat.

Demikian disampaikan Camat Kalasan, Siti Anggraeni Susila Prapti saat memberikan arahan usai pengukuhan KIM Kecamatan Kalasan di Kantor Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Rabu (5/2/2020).

Selain tugas di atas, lanjutnya, KIM diharapkan mampu berperan sebagai mediator, fasilitator, dan katalisator informasi antara masyarakat dengan masyarakat, dan antara masyarakat dengan pemerintah untuk mengatasi kesenjangan informasi.

Sementara itu Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Noor Hidayati Zakiah Pramulani pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa keberadaan KIM juga diharapkan mampu mendorong kreativitas masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

“Caranya dengan berbagi informasi positif seperti informasi pelatihan dan kursus-kursus, informasi pemasaran produk UMKM, dan sebagainya. Dan jangan lupa, kita harus mampu menjadi relawan, dan pelopor anti hoaks,” ungkap Noor Hidayati.

Pengurus KIM Kecamatan Kalasan masa bakti 2020-2025 yang pengukuhannya juga dihadiri unsur forum komunikasi pimpinan tingkat kecamatan dan kepala desa se-Kecamatan Kalasan itu terdiri dari Ketua Tri Joko Saptono, Wakil Ketua Bekti Susanto, dan Sekretaris Parides Tri Hanani. Struktur ini dilengkapi bendahara dan seksi-seksi meliputi kebudayaan, pengembangan usaha, pemberdayaan pemuda, pemberdayaan perempuan serta seksi kesejahteraan sosial yang pengurusnya merupakan perwakilan dari semua desa yang ada di Kalasan.(KIM Kalasan/Trijoko)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts