KIM Prambanan Siap Eksis Gali Potensi Pariwisata

Prambanan – Setelah pembentukan kepengurusan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Prambanan di Aula Budi Pekerti Kecamatan Prambanan pada Selasa (19/03/19), Senin (08/04/19) KIM Kecamatan Prambanan resmi dikukuhkan. 

KIM Kecamatan Prambanan tersebut diberi nama Gerakan Pembangunan Pariwisata Prambanan (Gerbang Paris). Disaksikan Camat Prambanan, Sekretaris Camat Prambanan, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Sleman, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sleman, dan Sekretaris Dinas Kominfo Sleman, 6 desa dari Kecamatan Prambanan yang telah dibentuk kepengurusan KIM dikukuhkan di Lapangan Selatan Candi Banyunibo.

Sekretaris Dinas Kominfo, Purwati dalam sambutannya berkata bahwa tujuan KIM salah satunya yaitu membantu masyarakat untuk memahami informasi yang benar serta menjadi agen perubahan di masyarakat untuk menyampaikan informasi yang benar.

“Jadi berilah infomasi yang benar dan tumbuhkan bahwa informasi itu menjadi sebuah kebutuhan dan masyarakat merasa tanggung jawab atas informasi itu maka di wilayah itu, bapak ibu itu merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Kalau dahulu sebutan tersebut berlaku untuk seorang guru maka sekarang penyebar informasi yang baik seperti KIM ini adalah pahlawan tersebut,” ujar Sekretaris Dinas Kominfo Sleman yang akrab dengan panggilan Ipung kepada anggota KIM yang sudah dilantik.

Berkenaan dengan informasi yang akurat, KIM dengan nama Gerbang Paris ini menurut Ipung jelas bertujuan untuk mengembangkan sektor pariwisata di Kecamatan Prambanan.

“Karena Prambanan adalah salah satu tempat dengan destinasi wisata yang selalu dicari oleh wisatawan maka dari itu fokus KIM dengan penyebarluasan informasi yang benar mengenai potensi pariwisatanya dirasa menjadi peluang berkembangnya wisata di Prambanan,” tambah Ipung.

Agus Pudiyanto, Ketua KIM Gerbang Paris berharap agar informasi yang sampai ke masyarakat benar-benar diterima dan berguna bagi pemberdayaan masyarakat. Hal ini demi pembangunan Kecamatan Prambanan khususnya dan Kabupaten Sleman pada umumnya untuk menuju smart regency.

Disampaikan pula oleh Agus, tekad terbentuknya KIM Gerbang Paris untuk menyebarluaskan informasi di kalangan masyarakat tidak lagi sembarangan.

“Jadi untuk memaksimalkan kualitas berita yang diproduksi oleh anggota KIM karena terbilang baru kami akan menunggu juga kerjasama dari Dinas Kominfo untuk memberikan pelatihan jurnalistik yang dapat diterapkan dalam KIM,” kata Agus.  (Rep Rara)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts