KIM Sleman Mitra Kerja Pemerintah Perangi Narkoba

Sleman – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Kecamatan Depok dan BNNK Sleman mengadakan sosialisasi anti narkoba di Kantor Kecamatan Depok, Senin (24/7).

Dihadiri oleh 75 peserta, acara dibuka oleh Camat Depok, Budiharjo. Budiharjo dalam sambutannya menjelaskan betapa pentingnya kegiatan sosialisasi anti narkoba di lingkungan Kecamatan Depok. Hal ini mengingat tercatatnya Kecamatan Depok sebagai kecamatan yang memiliki angka prevalansi tertinggi se-Kabupaten Sleman dalam hal penyebaran dan penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, Budiharjo juga menyadari bahwa untuk menurunkan angka prevalansi ini, Kecamatan Depok membutuhkan bantuan dari berbagai pihak, termasuk KIM (Kelompok Informasi Masyarakat).

“Karena keberadaan KIM ini sebagai mitra kerja kami di wilayah dalam rangka ikut menginformasikan program kegiatan yang dilaksanakan pemerintah,” terang Budiharjo.

Budiharjo juga yakin, bahwa KIM yang ada di berbagai lapisan masyarakat, akan sangat efektif dalam menginformasikan dan mengkampanyekan program-program yang dicanangkan oleh pemerintah.

“Khususnya berkaitan dengan dicanangkannya Kecamatan Depok sebagai pilot project oleh BNNP Daerah Istimewa Yogyakarta, berkaitan dengan P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba-red),” tambah Budiharjo.

Tak lupa, dalam sosialisasi yang dilakukan oleh BNNK Sleman, Jiyan selaku penyuluh menyampaikan informasi bahwa kini Indonesia sudah darurat narkoba.

“Artinya darurat itu, sesuatu hal yang harus kita selesaikan secara bersama-sama dan bersatu, bersinergi agar situasi darurat narkoba itu segera turun,” tutur Jiyan.

Jiyan menyebutkan bahwa 40 persen peredaran narkoba yang ada di ASEAN berada di Indonesia. Selain itu, dari 33 provinsi yang ada di Indonesia, DIY berada di ranking delapan, dengan jumlah prevalansi 2,32% dan hampir sepertiga dari penyalahguna narkoba di DIY berada di Kabupaten Sleman.

Karenanya, BNN baik itu pusat maupun daerah selalu berupaya melalui berbagai program, salah satunya sosialisasi anti narkoba ini.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts