KKN Berbasis IT di Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan pada bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa menjadi berbasis IT, di mana sebagian besar proses dilakukan melalui media informasi secara online.

Demikian  pernyataan Guntur Cahyo S, Ketua pelaksana KKN berbasis IT Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam acara Silaturahmi KKN, Dosen Pembimbing, Pemerintah Desa dan Destana, bertempat di Balai Desa Donoharjo, Kapanewon Ngaglik, Minggu (17/1/21).

Guntur menjelaskan bahwa KKN yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 16 Januari-15 Februari 2021 ini mengambil tema Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Digital Marketing dan Penyiaran Informasi Melalui Sosial Media.

“Kami berharap bahwa kami akan dapat melakukan pemberdayaan masyarakat terkait digital marketing dan membangun image branding Destana, sehingga Destana mampu menghadapi masalah di tengah pandemi COVID-19,” jelasnya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Mohammad Syifa A Widigdo sebagai dosen pembimbing lapangan juga menyampaikan bahwa untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini, akan dilaksanakan pemberdayaan mengenai teknik pemasaran secara online melalui media sosial. Beliau berharap bisa bekerjasama dengan organisasi tangguh bencana dan bisa memberikan kemanfaatan untuk masyarakat.

“Selain program KKN juga ada program PPM yaitu Program Pengembangan Masyarakat bagi dosen. Untuk merealisasikannya perlu assessment bersama tentang kebutuhan masyarakat, apa yang bisa diberdayakan dan diperbantukan,” terangnya.

Sementara itu, Agus Hardiyo Pancoro, Ketua Destana menyambut baik kegiatan KKN dan PPM dari UMY ini.

“Apapun bentuk kegiatan di masyarakat dipersilahkan untuk mengembangkan Desa Donoharjo. Mudah-mudahan bisa menjadi partner yang baik dalam bersama-sama memerangi COVID-19,” ujar Agus. (Endarwati, KIM Donoharjo)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts