Kompetisi Takbir Keliling Unjuk Kreativitas Warga Salakan

Gamping – Menyambut hari raya Idul Adha 1440 H, Takmir Masjid Al-Mukarrom Padukuhan Salakan, Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping menyelenggarakan lomba takbir keliling dengan rute mengelilingi wilayah padukuhan setempat yang berjarak 1,5 kilometer pada Sabtu (10/08/2019). Kompetisi takbir keliling ini diikuti oleh warga masyarakat rt 01 hingga rt 08 yang tergabung dalam wilayah rw 26.

Sebelum melakukan konvoi mengitari wilayah Padukuhan Salakan, masing-masing peserta diberi kesempatan unjuk kebolehannya sekitar 5 menit untuk menampilkan aksinya. Kelompok Peserta lomba terbagi dalam beberapa kategori yakni kelompok bapak, kelompok ibu, dan kelompok anak-anak. Dengan perlengkapan bendera, variasi kostum, miniatur yang berbentuk kambing, sapi, beduk, masjid, Ka’bah, serta sound system yang diangkut mobil hias, para peserta beraksi dalam bertakbir di hadapan para penilai.

Menurut Kepala Padukuhan Salakan, Suyana, festival takbir keliling ini selain untuk menyongsong datangnya hari raya kurban, juga guna mempererat tali silaturahmi antar warganya.

“Acara ini sudah rutin dilakukan oleh warga Padukuhan Salakan. Dari tahun ke tahun jumlah pesertanya semakin bertambah dan kreativitas seni peserta semakin menarik untuk ditonton,” ucapnya.

Takmir Masjid Al-Mukarrom Salakan berkeinginan memberi alternatif hiburan sekaligus edukasi kepada masyarakat sekitar secara keseluruhan tak hanya terbatas umat muslim saja di malam kemenangan.

“Selain berupaya untuk menggali ide, kreativitas, dan mengemas acara religi menjadi semenarik mungkin, kami berharap agar di malam takbiran ini bisa menjadi momentum bersatunya seluruh elemen masyarakat di Padukuhan Salakan,” ucap H. Wakidi.

Di antara peserta konvoi terdapat gunungan terbuat dari bermacam jenis makanan ringan yang menarik perhatian masyarakat terutama anak-anak. Gunungan diperebutkan saat memasuki garis finish yaitu di halaman masjid Al-Mukarrom. (KIM Gamping/Adnan Nurtjahjo)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts