Komunikasi Kunci Satgas Covid-19 Tridadi Hapus Stigma Negatif Warga

Sri Hartati, Satgas Covid-19 Desa Tridadi menjelaskan kepada warga melalui pesan di aplikasi ponsel bahwa Covid-19 bukan merupakan aib.

“Warga harus memahami bahwa PDP, ODP, dan PPAT yang melakukan isolasi mandiri itu bukan pecundang tapi pejuang yang melindungi warga dari kemungkinan tertular Covid-19 sehingga mereka jangan dikucilkan tapi harus selalu didukung morel materiilnya,” ungkap Sri Hartati dalam kegiatan koordinasi Satgas Covid-19 Desa Tridadi, Kamis (16/4/2020).

Selain melalui pesan di aplikasi ponsel, Sri Hartati mengakan bahwa pihaknya melakukan kegiatan koordinasi Satgas Covid-19 yang membuahkan Langkah-langkah penanganan kasus Covid-19. Menurutnya, salah satu langkahnya adalah melalui komunikasi yang terus-menerus sehingga membuat warga makin memahami dan tidak memberi stigma negatif pada PDP, ODP, PPAT, maupun warga pelaku isolasi mandiri.

“Hal ini terbukti dengan warga tetap menyapa warga tersebut dari jarak 2meter dengan saling memakai masker, bahkan Posko Satgas Pisangan yang dikendalikan oleh Kepala Dukuh Pisangan mendirikan dapur umum untuk mengirim yang melakukan isolasi mandiri tersebut,” tambahnya.

Dikatakan Sri Hartati, Satgas Covid-19 Desa Tridadi bekerjasama dengan Satgas Covid-19 Padukuhan Jaban telah memeriksa kondisi salah satu warga Padukuhan Jaban yang berstatus PDP pada Minggu (19/4/2020). Pihak Satgas pun memberikan bantuan paket sembako kepada PDP dan keluarganya yang tengah melakukan isolasi mandiri tersebut. Sekarang PDP sedang menunggu hasil tes apakah berstatus positif atau negatif Covid-19. (Sri Hartati/KIM Manggolo Purnomo Kec Sleman)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts