Kontribusi Mahasiswa UGM Hijaukan Lahan Kritis Sleman

KKN PPM UGM 2019-2020 yang diterjunkan di Kepuharjo pada Sabtu (25/1/2020) melakukan kegiatan penanaman pohon di sebelah barat Bunker Kaliadem. Lokasi penanaman di barat Bunker Kaliadem ini dipilih karena area tersebut menurut observasi yang sudah dilakukan mahasiswa KKN PPM UGM merupakan lahan kritis.

Program penanaman ini sendiri merupakan salah satu program peduli lingkungan dari mahasiswa KKN PPM UGM. Selain itu, tim KKN PPM UGM juga ingin berkontribusi menghijaukan kembali lahan-lahan kritis yang terkena erupsi Merapi 2010. Dua jenis pohon yang ditanam pun dipilih, yakni pohon akasia dan sengon, yang mana dapat menghambat longsor saat ditanam di lereng-lereng gunung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Suparmono, Camat Cangkringan, perwakilan dari Koramil Kecamatan Cangkringan, Perwakilan Polsek Cangkringan, Perangkat Desa Kepuharjo, BPD Desa Kepuharjo, dan berbagai komunitas yang ada di Desa Kepuharjo.

Suparmono dalam sambutannya mengungkapkan penanaman pohon ini nantinya tidak hanya dirasakan oleh warga sekitar saja tapi juga warga yang berada jauh dari lokasi penanaman. Hal ini karena pohon adalah penghasil oksigen serta berfungsi menyimpan ketersediaan air. (KIM Cangkringan/Andi Ferdana)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts