Koperasi AMAN Sleman Masuk Koperasi Berprestasi di Indonesia

Sleman – Berkat kinerja dan pengelolaan manajemen yang baik, Kementerian Koperasi dan UKM dalam rangka Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-69 memberikan penghargaan koperasi terbaik kategori jasa pada Koperasi AMAN pada Penilaian Koperasi Berprestasi dan Koperasi Award Tahun 2016 yang akan di Selenggarakan di Hotel Novita, Jambi (20/7). 

“Koperasi AMAN masuk dalam 100 Koperasi terpilih dari berbagai wilayah Kabupaten/Kota se-Indonesia terdiri dari 10 Koperasi Award dan 90 Koperasi Berprestasi setelah sebelumnya berkompetisi dengan 646 koperasi lainnya ditingkat Kabupaten sampai Provinsi hingga akhirnya maju ke tingkat nasional,” kata Drs Pustopo, selaku Wakil Sekertaris Koperasi AMAN di Sleman, Senin (18/7).

Menurut Pustopo, aspek penilaian yang dilakukan hingga terpilih menjadi koperasi terbaik kategori jasa diantaranya adalah perkembangan aset, aneka ragam usaha, laporan keuangan, dan audit eksternal. Hasil Audit eksternal selama ini Koperasi AMAN mendapatkan predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

Pustopo menambahkan bahwa hingga akhir Desember 2015  total aset Koperasi AMAN Rp 13,912 miliar dan memiliki memiliki 4 jenis usaha yaitu perumahan, pembiayaan kendaraan, rehab rumah, kebutuhan rumah tangga seperti barang elektronoik dan pembayaran listrik bagi anggotanya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mencatatkan peningkatan jumlah koperasi yang pada akhir tahun 2015 tercatat sebanyak 646 koperasi dari berbagai jenis yang tersebar di berbagai wilayah, instansi dan kelompok masyarakat, dengan 598 di antaranya merupakan koperasi aktif.

Jumlah ini meningkat jika dibanding tahun 2014 yang mencapai 629 koperasi. Sementara itu, jumlah anggota koperasi juga meningkat dari 275.198 orang di tahun 2014 menjadi 275.246 orang di tahun 2015. Pada tahun 2015 tercatat aset Koperasi  mencapai Rp 1miliar  lebih dengan modal sendiri sebesar Rp. 349 Milyar lebih,- serta SHU sebesar Rp 29 miliar lebih.

Menanggapi penghargaan ini Bupati Sleman, Drs H  Sri Purnomo MSI dalam  upacara di lapangan Pemda Sleman, Senin (18/7) menyampaikan apresiasi pada seluruh jajaran Koperasi Aman yang telah terpilih sebagai koperasi berprestasi kategori jasa oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

“Diharapkan prestasi tingkat nasional ini dapat semakin memotivasi penguatan koperasi di Kabupaten Sleman,” kata Sri Purnomo.

Sri Purnomo dalam upacara tersebut juga menambahkan terkait dengan Hari anak Nasional pada 23 Juli 2016 mendatang, Pemkab Sleman berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak melalui desa ramah anak yang mana pada saat ini sudah mencapai 39 desa dan dilengkapi pembentukan satgas perlindungan perempuan dan anak di 39 desa tersebut, serta pencanangan sekolah ramah anak yang juga telah mencapai 39 sekolah.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts