Koperasi CUCT Laksanakan RAT Secara Virtual

Rapat Anggota Tahunan (RAT) pertama dalam sejarah berdirinya Credit Union Cindelaras Tumangkar (CUCT) yang diselenggarakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom dengan model gabungan tertulis dan media elektronik telah terlaksana dengan lancar di Prambanan Ballroom Hotel Cavinton Yogyakarta, Minggu (21/2/2021).

Kegiatan tahunan ini berkaitan dengan laporan pertanggungjawaban Pengurus dan hasil pengawasan Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Cindelaras Tumangkar tahun buku 2020, serta penyampaian program kerja dan rencana anggaran tahun buku 2021.

Acara dibuka oleh Kepala Seksi Kelembagaan dan Usaha Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskopukm) Daerah Istimewa Yogyakarta, Yudi Yusuf dengan pemukulan gong dan diikuti secara virtual oleh anggota koperasi Cindelaras Tumangkar sebanyak 66 orang yang berasal dari Kabupaten Sleman, Kulon Progo, Bantul, Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya mewakili Kepala Diskopukm DIY, Yudi Yusuf menyampaikan regulasi pemerintah berupa peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) nomor 19 tahun 2017 tentang pencabutan izin gangguan guna memenuhi tuntutan kemudahan berusaha karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan keadaan di daerah.

“Melalui surat edaran menteri dalam negeri nomor 500/3231/SJ tahun 2017 tentang tindak lanjut peraturan menteri dalam negeri nomor 19 tahun 2017 maka pemerintah daerah kabupaten atau kota diminta segera melakukan pencabutan peraturan daerah terkait dengan izin gangguan dan pungutan retribusi izin gangguan sejak permendagri nomor 19 tahun 2017 ditetapkan, serta tidak melakukan pungutan retribusi izin gangguan karena menghambat iklim investasi di daerah,” jelas Yudi dalam forum.

Yudi melanjutkan, dalam penerbitan izin mendirikan bangunan disarankan agar ditambahkan lembar format persetujuan kanan dan kiri yang ditanda tangani oleh masyarakat sekitarnya sebagai bentuk persetujuan.

Adapun penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus dipaparkan oleh Ketua koperasi simpan pinjam CU Cindelaras Tumangkar, Aris Kusdarunanto mencakup bidang organisasi dan administrasi, bidang Pendidikan dan pemberdayaan, bidang keuangan, serta bidang usaha dan perkreditan yang diterima peserta RAT dengan catatan perbaikan.

Sedangkan laporan hasil pengawasan disampaikan oleh Budi Santosa selaku Ketua Pengawas koperasi simpan pinjam CU Cindelaras Tumangkar mencakup aspek hukum, organisasi, usaha, keuangan, dan administrasi yang memutuskan baik namun masih perlu dilakukan perbaikan sebagaimana tertulis dalam rekomendasi hasil pengawasannya selama setahun.

Dalam kesempatan ini Pengurus Pusat Koperasi Credit Union Indonesia, Anton Sera Sima menyampaikan bahwa RAT sebagai pondasi melangkah satu tahun kedepan dan berkarya lebih baik, sekaligus berpesan agar Pengurus Koperasi CU Cindelaras Tumangkar berkomitmen penuh terhadap usaha para anggotanya, harus melakukan inovasi dan mengembangkan digitalisasi, serta tetap memperhatikan efisiensi dalam penggunaan anggaran belanja. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kapanewon Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts