KPPS Kebur Kidul Sosialisasikan E-Voting Secara Mandiri

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pilkades Padukuhan Kebur Kidul melakukan sosialisasi secara mandiri untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara e-voting kepada warga Padukuhan Kebur Kidul, Jumat (06/03/2020) di Masjid Istiqlal Padukuhan Kebur Kidul, Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan.

Wibowo Budi Susanto selaku Ketua KPPS Dusun Kebur Kidul menyampaikan sosialisasi mandiri ini dilakukan karena masih banyak warga yang belum mengetahui tentang e-voting terutama warga lanjut usia.

“Sosialisasi dilakukan dengan memutar video simulasi penggunaan e-voting yang diperoleh saat mendapat bimbingan teknis KPPS yang dilaksanakan oleh Desa Argomulyo dari Dinas PMD Sleman. Diharapkan agar warga yang belum mengetahui e-voting menjadi paham,” jelas Wibowo.

Disampaikan oleh Wibowo kepada warga bahwa tanggal 29 Maret 2020 nanti ketika Pilkades berlangsung untuk membawa undangan saat ke TPS.

“Cek undangan yang dibawa atas nama pemilih atau tidak tertukar oleh anggota keluaga yang lain dan apabila ada warga yang memiliki hak pilih namun masih bingung dalam menggunakan alat e-voting dapat didampingi terutama oleh keluarga pemilih dengan mengisi surat pernyataan yang sudah disiapkan,” bebernya.

Pendamping dikatakan Wibowo diutamakan keluarga agar menghindari prasangka buruk terhadap KPPS.

“Apabila ada pemilih yang kehilangan undangan atau sudah lebih dari 6 bulan menjadi warga Kebur Kidul dan sudah ber e-KTP namun tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maka masih dapat menggunakan hak pilih dengan menunjukkan identitas yaitu e-KTP dan dilayani setelah pukul 13.00 WIB,” lanjutnya.

Miskad selaku angota KPPS menambahkan bahwa Pilkades ini adalah momen terbaik untuk menguji pendewasaan diri warga untuk terus menjaga kerukunan dan tenggang rasa meski ada perbedaan pilihan.

“Karena dalam setiap pemilihan apapun baik Pilkades, Pilkada, Pemilu tidak akan luput dari perbedaan pilihan dari setiap warga. Beda pilihan namun tetap seduluran (bersaudarared),” ungkapnya. (KIM Cangkringan/Marmansyah)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts