KPU Sleman Bersama PPK Uji Coba Aplikasi Sirekap Secara Nasional

Guna menyiapkan penyelenggaraan tahapan penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman menyelenggarakan rapat koordinasi ujicoba penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) yang digelar secara daring melalui Zoom Meeting bersama KPU RI di Ruang Rapat KPU Kabupaten Sleman, Rabu (25/11/2020).

Kegiatan yang dipimpin oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sleman, Noor Aan Muhlishoh diikuti oleh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota PPK Divisi Teknis Penyelenggaraan se-Kabupaten Sleman termasuk Ketua PPK Gamping, Adnan Iman Nurtjahjo, didampingi anggota PPK Divisi Teknis Penyelenggaraan, M. Mualif.

Uji coba nasional rekapitulasi perolehan suara secara berjenjang dari tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) sampai dengan tingkat Kabupaten dalam pemilihan serentak 2020 menggunakan aplikasi Sirekap dipandu oleh Andi Bagus dari Biro Teknis dan Hupmas KPU RI mencakup penjelasan tata cara uji coba nasional, penginstalan aplikasi, pengisian formulir C.Hasil-KWK, penggunaan SIREKAP Mobile, penggunaan Sirekap Web Tingkat Kecamatan, Penggunaan Sirekap Web Tingkat Kabupaten, serta evaluasi.

Sebelum memulai uji coba nasional aplikasi, Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting Manik dalam sambutannya menyampaikan kepada peserta uji coba agar dapat memahami dan memanfaatkan aplikasi Sirekap di hari pemungutan suara dengan baik.

“Pemantapan tata cara penggunaan aplikasi Sirekap perlu dilakukan karena adanya beberapa perubahan terutama pasca ditetapkan sebagai alat bantu dan publikasi dalam pemilihan serentak 2020,” tutur Evi.

Hal senada diungkapkan Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU RI, Nur Syarifah bahwa uji coba harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, mengingat hari pemungutan suara sudah semakin dekat. Peserta diharapkan mengerti langkah-langkah dalam pleno rekapitulasi baik di tingkat kecamatan hingga kabupaten.

Selepas menerima arahan dari KPU RI, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Sleman, Noor Aan Muhlishoh memimpin simulasi penghitungan perolehan suara di tingkat TPS mulai dari pengisian Plano C.Hasil-KWK yang merupakan berita acara dan sertifikat hasil penghitungan perolehan suara di TPS hingga penggunaan aplikasi Sirekap Mobile untuk mengirimkan foto C.hasil-KWK secara online.

“Aplikasi Sirekap dapat digunakan secara online dan offline apabila tidak ada jaringan internet di TPS. Sehingga petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dapat mengirimkan foto C.Hasil-KWK ke server Sirekap dengan bergeser ke lokasi titik signal yang terdekat dengan TPS,” kata Aan. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kapanewon Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts