KPU Sleman Gelar Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada tahun 2020

Dalam rangka meningkatkan kinerja dan perbaikan penyelenggaraan pemilihan umum pada waktu mendatang, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Kinerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pasca selesainya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman tahun 2020, yang digelar di Rumah Makan Kopi Njongke, Sleman, Rabu (10/3/2021).

Acara yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Sleman, Trapsi Haryadi tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ahmad Shidqi, Plt Sekretaris KPU Kabupaten Sleman, Yuyud Futrama serta seluruh ketua dan anggota PPK se-Kabupaten Sleman termasuk Ketua PPK Gamping, Adnan Iman Nurtjahjo.

Dalam sambutannya, Trapsi Haryadi memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh PPK yang telah menyelesaikan tugasnya dengan baik dan berintegritas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga tidak ada satu kasus pun yang terjadi dalam pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2020 di wilayah Kabupaten Sleman.

“Saya harapkan seluruh PPK memberikan usulan, saran dan masukannya terhadap pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati sleman tahun 2020 di masing-masing Kapanewon guna perbaikan penyelenggaraan pemilihan di masa mendatang,” imbuh Trapsi.

Selanjutnya Ketua Divisi Sosialisasi, Sumberdaya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU DIY, Ahmad Shidqi menyarankan kepada Badan Adhoc pemilihan di tingkat kapanewon agar dapat mengamati dan mencermati pelaksanaan Pilkada tahun 2020 yang berlangsung ditengah ancaman bencana alam erupsi gunung Merapi dan wabah COVID-19. Ia menyarankan pengalaman pelaksanaan tersebut dapat dituliskan  dalam bentuk karya jurnalistik yang dapat dibaca masyarakat.

“Walaupun pilkada Kabupaten Sleman tahun 2020 telah usai, sebaiknya sebagai PPK tetap menjaga netralitas dan integritasnya agar dapat berpartisipasi kembali dalam penyelenggaraan pemilihan selanjutnya dan tidak menutup kemungkinan untuk naik kelas sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kabupaten,” pesan Shidqi.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Sleman tersebut juga berharap pelaksanaan pemilihan serentak  di tengah pandemi COVID-19 adalah yang terakhir dan bisa dijadikan acuan dalam perhelatan demokrasi yang akan dating. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kapanewon Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts