Kunjungi SMP N 1 Turi, Mensos dan Menkopolhukam Berikan Santunan

Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Juliari Batubara didampingi Bupati Sleman, Sri Purnomo meninjau Posko Bencana untuk penanganan kecelakaan siswa SMPN 1 Turi yang terletak di Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Sabtu (22/2/2020). Kemudian Mensos juga meninjau kondisi para siswi korban selamat yang masih dirawat di Puskesmas Turi.

“Para siswi yang masih dirawat kondisinya bagus dan besok sudah bisa pulang,” kata Juliari Batubara.

Juliari berharap agar peristiwa tersebut diselidiki secara menyeluruh.

“Karena ada nyawa yang hilang tentu harus ada investigasi, kenapa hal ini terjadi apakah ada unsur kelalaian misalnya, dan sebagainya,” kata Juliari.

Juliari mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan dan semoga tetap tabah dan menghadapi cobaan. Ia berharap semoga seluruh korban yang belum ditemukan bisa cepat ditemukan dan dalam keadaan yang lebih sehat.

Tidak lupa ia memberikan penghargaan dan apresiasi setingginya bagi seluruh pihak yang bertugas dilapangan dan ikut dalam upaya pencarian dari kemarin hingga saat ini.

Ia mengatakan seluruh korban meninggal akan diberi bantuan sebesar Rp15 juta per keluarga. Sedangkan korban luka yang dirumah sakit pembiayaan ditanggung penuh oleh pemerintah hingga sembuh.

Menteri Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia, Mahfud MD megatakan kedepan kegiatan serupa harus di mitigasi terlebih dahulu, atau disiapkan langkah – langkah antisipasi resiko  yang mungkin timbul secara mendadak agar tidak terjadi hal yang serupa.

“Pelajari cuaca jika tidak meyakinkan lebih baik tidak berspekulasi dan gunakan perlenkapan yang memadai,” kata Mahfud.

Meskipun demikian Mahfud berpesan dengan kejadian ini tidak menjadikan pihak lembaga pendidikan menghentikan ekstrakulikuler, khususnya pramuka.

“Karena pramuka mendidik anak – anak mencintai bangsa dan negara, tuhan, dan alam yang merupakan ajaran penting bagi anak – anak di seluruh Indonesia,” kata Mahfud.

Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah saat mengunjungi salah satu korban selamat, menyebut pihaknya saat ini tengah fokus kepada korban.

“Saat ini kita semua fokus kepada korban. Untuk perihal investigasi, kita sudah mengumpulkan keterangan dari beberapa orang sebagai investigasi awal,” kata Rizky.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts