Kwartir Cabang Pramuka Sleman Gelar Musyawarah Cabang 2020

Sleman — Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka tahun 2020 digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Rabu (23/09/2020). Musyawarah Cabang merupakan forum tertinggi dalam gerakan Pramuka di tingkat kabupaten.

Acara Musyawarah Cabang ini diadakan dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi Pramuka itu sendiri, yang harus didukung oleh penataan dan penguatan organisasi. Maka, melalui musyawarah cabang ini hal tersebut dilaksanakan sebagaimana dengan yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Ketua Panitia Musyawarah Cabang, Ery Widaryana menyampaikan bahwa kegiatan Pramuka memiliki salah satu fungsi sebagai sarana pendidikan non formal, di luar sekolah dan keluarga. Pramuka juga dapat menjadi wadah pembinaan dan pengembangan (bakat dan minat) generasi muda.

“Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik,” ujar Ery.

Sri Purnomo selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka. Mabicab) Gerakan Pramuka Sleman juga berpesan bahwa, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka harus dapat menjadi induk dari kegiatan pramuka kabupaten sleman yang mampu menjadikan kegiatan pramuka berjalan sesuai dengan harapan dan keinginan.

“Gerakan pramuka harus bisa menjadi salah satu wadah edukasi yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam membina generasi penerus,” pungkas Sri.

Pada kegiatan Musyawarah Cabang ini membahas penyusunan Rencana Kerja serta Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sleman tahun 2020-2025, pemilihan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka periode 2020-2025, pemilihan Tim Formatur untuk menentukan Andalan Kwartir Cabang Sleman, Badan Kelengkapan Kwartir, dan Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sleman 2020-2025, serta membahas hal-hal penting yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan kualitas kegiatan Pramuka Sleman agar dapat selalu berfungsi dan berkontribusi secara maksimal. (Rep Ami)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts