Latih Jiwa Pemberani dengan Lomba Orasi

Sleman –  Menyongsong Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli nanti, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (DP3AP2KB) Kabupaten Sleman bersama Forans (Forum Anak Sleman) mengadakan Lomba Orasi Akhiri Kekerasan Pada Anak dengan sasaran murid SD dan Lomba Jingle Three Ends untuk murid SMP di halaman Kantor DP3AP2KB Kabupaten Sleman.

Peserta tingkat SD akan saling mengorasikan penolakan kekerasan terhadap anak.  Hal ini guna mengajarkan kepada mereka berlatih sejak dini untuk menjaga diri mereka sendiri serta berani mengungkapkan penolakan terhadap beragam tindak kekerasan.

“Harapan ke depannya dengan diadakan perlombaan-perlombaan seperti ini agar semua anak-anak Indonesia berani mengungkapkan pendapat serta aspirasinya, dan semoga pemerintah juga mendengarkan aspirasi mereka, jadi tidak ada lagi kekerasan, Undang-Undang dapat ditegaskan, anak-anak tidak menderita dan mendapatkan pelayanan yang lebih sejahtera,” ujar Tari, salah seorang panitia lomba saat ditemui di sela-sela lomba, Selasa (18/6/2019).

Tari juga menambahkan kegiatan ini menjadi pra-even dari peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli, pada puncak acara kelak para pemenang lomba ini akan diminta untuk tampil kembali. Berlangsung selama dua hari 18-19 Juni 2019, perlombaan ini terbagi menjadi dua. Hari pertama adalah lomba mengkreasikan kembali jingle Three Ends yang dibawakan oleh peserta tingkat SMP. Jingle Three Ends adalah lagu dari 3 program unggulan Dinas P3AP2KB berupa menolak kekerasan terhadap anak dan perempuan, mengakhiri perdagangan manusia dan menolak kesenjangan ekonomi perempuan serta ketertinggalannya dalam dunia politik.(Rep Bilqis)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts