Lawan Covid-19, Warga Kregan Lakukan Penyemprotan Disinfektan Mandiri

Penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covid-19) yang kian merebak dan bertambah jumlahnya di Indonesia, membuat warga RW 37 Kregan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta berinisiatif melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri.

Menurut Ketua RW 37 Kregan, Subandriyo, penyemprotan ini dimaksudkan untuk melakukan pencegahan secara dini agar warga di Kregan tidak ada yang terpapar Covid-19. “Sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran virus yang awalnya muncul di Wuhan, China, warga secara sadar melakukan penyemprotan di wilayah RW 37 Kregan,” kata Subandriyo Minggu (5/4/2020) saat ditemui di Posko Pencegahan Covid-19 Kregan.

Kegiatan penyemprotan tersebut, mereka lakukan secara mandiri dan dilakukan secara rutin setiap seminggu sekali. Fokus penyemprotan disinfektan dilakukan di rumah-rumah warga yang jumlahnya lebih dari 100 unit dan jalan-jalan di wilayah Kregan.

“Hari ini, kita fokus melakukan penyemprotan area jalan dan pagar-pagar rumah. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga secara psikologis dari ancaman virus yang menjadi wabah dunia pada saat ini,” imbuhnya.

Subandriyo menegaskan, kegiatan sosial yang dilakukan oleh seluruh komponen warga RW 37 Kregan akan dilakukan terus sampai adanya pernyataan dari pemerintah bahwa kondisi sudah kembali kondusif dan aman dari Covid-19. Selain itu, di Kregan, juga akan dilakukan kegiatan sosial lainnya.

Ketua Pemuda RW 37 Kregan, Rahmawati menambahkan selain penyemprotan, kegiatan lain yang juga didukung oleh komponen pemuda adalah gerakan budaya hidup bersih dan sehat.

“Pemuda bersama-sama dengan komponen lain di RW 37 Kregan mengajak seluruh warga untuk membiasakan diri untuk mencuci tangan dan menjaga kesehatan dengan melakukan social distancing, olahraga, makan makanan yang bergizi, dan istirahat yang cukup dalam rangka mencegah penyebaran virus yang mematikan tersebut,” ajaknya. (Arief Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts