Layanan Posko A5 Guna Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Gamping – Selasa (5/3/2019) pukul 10.00 WIB, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Nogotirto bersama PPS Desa Balecatur, PPS Desa Trihanggo, PPS Desa Banyuraden, PPS Desa Ambarketawang, serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gamping, Kabupaten Sleman membuka posko pelayanan pemohon surat pindah memilih (form A5-red) di Lobi Gedung B, Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta.

Posko pelayanan formulir pindah memilih di Kampus UNISA ini terselenggara atas kerjasama Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Manajemen Kampus UNISA khususnya Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Surahman Sukron Rosyadi.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini dihadiri oleh Ketua PPK Gamping, Adnan Iman Nurtjahjo, Anggota PPK Gamping, Layung Pertiwi, M. Mualif dan Budy Afandi. Dalam pelaksanaan kegiatan Ketua PPS Nogotirto, Fajar Mas’ud didampingi anggota PPS Nogotirto, Anggita Pramono Jati dan Ariesta Widiyawati dibantu oleh Ketua PPS Balecatur, Indriyani Nurzanah, Ketua PPS Banyuraden, Puji Astuti, Ketua PPS Ambarketawang, Riza Purnawan bersama anggotanya Ardiana Seto, anggota PPS Trihanggo, Ninuk Anggraeni dan Sukamto.

Adnan Iman mengungkapkan bahwa ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh PPK Gamping dalam proses pindah tempat memilih di Kampus UNISA gedung B ini. Pertama, melakukan verifikasi nama mahasiswa dengan data pemilih di masing-masing asal daerah secara online. Kedua, bagi mahasiswa yang sudah terdaftar sebagai pemilih di daerah asalnya, petugas memberikan formulir A5 untuk diisi oleh mahasiswa. Ketiga, petugas akan memberikan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) kepada mahasiswa disesuaikan dengan domisili tempat kosnya serta membubuhkan tanda tangan dan stempel PPS tujuan.

Perlu diketahui, permohonan formulir pindah memilih ini sangat dianjurkan oleh PPK Gamping, Kabupaten Sleman, terutama bagi pendatang yang saat ini berdomisili di wilayah Kecamatan Gamping, baik dalam rangka bekerja, tugas belajar, pindah domisili, maupun urusan lainnya. Kepemilikan formulir A5 tersebut akan memudahkan pendatang untuk menggunakan hak pilihnya di TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan Gamping. Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019 ini. (Adnan Iman Nurtjahjo)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts