Libur Tahun Baru MGM Dipadati Pengunjung

IMG-20170101-WA0002Sleman – Libur Tahun Baru 2017, Museum Gunungapi Merapi (MGM) di Beteng Hargobinangun Pakem Sleman dipadati pengunjung.

“Kunjungan wisatawan  ke MGM mampu melebihi target pendapatan  sebesar 115 % untuk tiket masuk. Namun untuk tiket cinema hanya mencapai 94%, karena adanya gangguan listrik, travo meledak dan listrik mati selama 9 hari, dan juga kapasitas tempat duduk yang terbatas,” kata Ir AA Ayu Laksmidewi TP MM, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman, Minggu (1/1).

Menurut Ayu, jika dilihat animo pengunjung untuk menonton film memang sangat bagus dan memang menjadi salah satu daya tarik di MGM. Diawal tahun baru 2017 ini, Ayu juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak termasuk stakeholder yang telah bersama sama bersinergi dan berpartisipasi mencipatkan situasi dan suasana wilayah Sleman dan destinasi wisata yang aman dan nyaman serta sudah menjadi tuan rumah yang baik bagi pengunjung destinasi wisata di Sleman.

Sementara menurut Plt UPT MGM, Suryani, jumlah pengunjung MGM sampai tanggal 31 Desember 2016 untuk wisatawan nusantara  (wisnus) mencapai sebanyak 223.726 orang. Wisatawan mancanegara (wisman) 1.254 orang. Sedang untuk mengunjung yang melihat film, wisnus 130.949 orang, wisman 343 orang.

Sementara untuk pendapatan dari tiket masuk Rp 1,125 miliar, tiket film Rp 658,17 juta. “Sehingga Total pendapatan MGM selama tahun 2016 mencapai Rp  1,78 miliar,” kata Suryani.

Ditambahkan Suryani banyak fasilitas dari museum yang bisa untuk dinikmati. Sebagai tambahan pengetahuan akan karakter-karakter gunungapi di berbagai belahan dunia.‬

“Tidak hanya Gunung Merapi saja,” kata Suryani.‬

‪Selain itu, lanjut Suryani, bencana gunung api juga ada berbagai macam simulasi. Seperti gempa bumi.‬

‪”Pemutaran film bagaimana detik-detik meletusnya gunungapi, maupun simulasinya juga ada,” tutur Suryani.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts