LKS Lansia Suko Manunggal Mulai Kuatkan Kiprahnya

Sejak berdiri pada tahun 2013, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Lanjut Usia Suko Manunggal Desa Sukoharjo yang berpusat di Kompleks Masjid Besar Baiturrahman Klidon memiliki potensi untuk berkiprah ke dusun-dusun lainnya. Hal ini mengingat semakin bertambahnya Usia Harapan Hidup para lansia maka semakin bertambah jumlah lansia di wilayah ini. Di Dusun Klidon sendiri dengan 900 jiwa lebih penduduk, jumlah lansia sudah mencapai 144 jiwa baik yang potensial dan non potensial. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, Minggu (28/6/2020) di Masjid Besar Baiturrahman Klidon, diadakan pertemuan membahas program kerja LKS Lansia Suko Manunggal. 

Dalam kesempatan tersebut Yasmin, Ketua LKS Lansia Suko Manunggal, memaparkan program LKS Lansia Suko Manunggal tahun 2020, yakni rutin mengadakan kegiatan posyandu lansia, membantu lansia dalam kegiatan lainnya, dan menyalurkan bantuan dari Dinas Sosial, Baznas, dan lain sebagainya.

Yasmin mengharapkan dukungan semua pihak untuk membantu secara aktif baik morel dan material sehingga program LKS bisa berjalan. 

“Dalam tahun ini diharapkan ada program Senam Lansia, Program Posyandu Lansia, Program BKL serta program Lansia Produktif lainnya, ke semuanya dibutuhkan dana dukungan untuk menggerakkan kegiatan ini,” paparnya.

Sementara itu Sujadi, Kepala Seksi Pelayanan Masyarakat Desa Sukoharjo menyambut program lansia ini.

“Pemerintah desa sangat mendukung dan akan membantu sesuai kemampuan desa sehingga program lansia bisa dijalankan sesuai tujuan untuk mensejahterakan para lansia di Desa Sukoharjo,” tegasnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi terkait program yang disampaikan Ketua LKS Lansia Suko Manunggal kemudian menanggapi beberapa usulan tentang cara menggali dukungan untuk kebutuhan operasional LKS, antara lain partisipasi masyarakat melalui iuran dari pegawai, pengusaha, dan masyarakat yang peduli lansia termasuk jemaah yang mampu. (KIM Ngaglik/Srp) 

Print Friendly, PDF & Email

Related posts