Optimalkan Diseminasi Informasi, KIM Harus Bersinergi dengan Kapanewon

Sleman – Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Sleman menjadi penting dalam rangka diseminasi informasi yang lebih optimal. Hal tersebut menjadi salah satu pembahasan dalam Forum Komunikasi KIM Sembada Kabupaten Sleman yang diselenggarakan pada Sabtu (26/6/2021).

Bertempat di Aula Kapanewon Minggir, Kabupaten Sleman, acara tersebut dihadiri oleh para pegiat KIM se-Kabupaten Sleman beserta perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sleman dan Kapanewon Minggir.

Suripto, Ketua KIM Sembada Sleman, menuturkan bahwa belakangan ini sudah banyak instansi yang memperhatikan keberadaan KIM di Kabupaten Sleman.

“Harapannya KIM di Kabupaten Sleman ini benar-benar mengetahui segala informasi yang ada di kabupaten dan bisa menginformasikannya melalui media yang ada,” kata Suripto.

Selaras dengan Suripto, Yudiarto Setiawan selaku Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo menyebutkan bahwa akan dibentuk suatu sinergi antara KIM dengan setiap kapanewon di Kabupaten Sleman untuk menyebarluaskan informasi melalui media di daerah.

“Dalam hal ini memasukkan berita-berita dari KIM ke website kapanewon,” ungkap Yudi.

Sebagai tahap awal, Dinas Kominfo telah melaksanakan bimtek bagi pegiat KIM serta admin website dari Kapanewon Ngaglik dan Moyudan. Dari bimtek tersebut, akan dibentuk suatu sistem di mana KIM bisa mengirimkan berita ke website kapanewon melalui admin pengelola dari kapanewon.

Program tersebut akan dipantau selama dua bulan. Jika berjalan dengan baik, program akan dilanjutkan kepada KIM dan kapanewon lainnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Fery Hermanto, Panewu Anom Minggir, menyatakan bahwa pihaknya siap mendukung KIM dalam upaya diseminasi informasi melalui website kapanewon.

“KIM diharapkan bisa menjadi sumber informasi bagi kapanewon, jadi silahkan KIM agar bisa bermitra dengan Kapanewon Minggir untuk menyampaikan informasi dari masyarakat,” imbuhnya.

Tidak hanya melalui website kapanewon, Yudi menambahkan bahwa Dinas Kominfo akan berupaya untuk memasukkan berita KIM hingga ke website Dinas Kominfo Provinsi DI Yogyakarta. Hal tersebut dilakukan untuk menambah jangkauan pembaca hingga ke seluruh lapisan masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts