Manfaatkan Bahan Lokal Jadi Olahan Bergizi

Gamping – Minggu (15/4) pukul 12.00 WIB, Pemerintah Kecamatan Gamping mengadakan lomba memasak berbahan dasar labu kuning di Pendopo Kecamatan Gamping. Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-102 tahun.

Lomba yang digelar secara serentak di lima desa se-Kecamatan Gamping ini mewajibkan masing-masing peserta memasak dua macam olahan yaitu olahan basah (sus, kue talam, puding) dan olahan kering (kukis, egg roll).

Juara pertama dari setiap desa mewakili desanya untuk maju ke tingkat kecamatan. Juara satu dan juara dua di tingkat kecamatan akan mewakili Kecamatan Gamping maju ke tingkat kabupaten.

Lomba memasak yang dipantau oleh tim dari kabupaten dan kecamatan ini mengundang juri, antara lain Ahli Gizi Puskesmas Gamping I, Slamet Haryanto, Guru SMKN 4 Yogyakarta, Ninik Harwiyani dan Praktisi Kuliner Yogyakarta, Umi. Penilaian berdasarkan pada cita rasa, kreativitas, kebersihan, komposisi dan harga. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi peserta adalah pemanfaatan bahan lokal (labu kuning) serta maksimal tambahan bahan berupa tepung terigu maksimal 50%.

Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri didapat juara 1 olahan basah yaitu Sri Widiarti dari Desa Ambarketawang dan Juara 1 olahan kering yakni Endah Pramesti dari Desa Nogotirto. Selanjutnya, kedua pemenang berhak mengikuti lomba memasak tingkat kabupaten. (Adnan Nurtjahjo)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts