Manfaatkan Kas, RW 45 Kayen Bagikan Sembako untuk Warga

Depok – Warga RW 45 Padukuhan Kayen, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman memiliki agenda tahunan berbagi bingkisan pada bulan suci Ramadan jelang lebaran Idulfitri. Pun pada tahun 2021 ini, sebanyak 120 paket bingkisan lebaran senilai total Rp17 juta dibagikan kepada warga, Minggu (2/5/2021).

Ketua RW 45, Sukirman mengatakan bahwa bingkisan ini rutin dibagikan kepada warga menjelang hari raya lebaran. “Biaya penyediaan paket bingkisan lebaran diambilkan dari uang kas RW dan beberapa bantuan donatur khusus. Adapun tujuan pemberian bingkisan lebaran tersebut adalah untuk menumbuhkan kepedulian sosial dan menanamkan jiwa berbagi kepada sesama,” ujar Sukirman.

Pada kepengurusan RW periode 2021-2026 RW 45 memiliki kas sebanyak Rp60 jutaan. Selain untuk bingkisan lebaran, pada bulan Maret 2021 lalu kas RW ini juga digunakan untuk membantu pembangunan perluasan makam Rp10 juta.

Paket bingkisan lebaran yang dibagikan ke warga berisi minyak goreng, kecap, saos, mi instan, roti kaleng, kopi, teh, gula pasir, dan tepung terigu. Sembako dibelanjakan dan dikelola oleh ibu-ibu pengurus RT/RW sedangkan pembagian bingkisan diantar langsung ke rumah rumah warga oleh organisasi pemuda RW 45.

Prinsip pengelolaan kas RW 45 adalah dari warga, oleh warga dan untuk warga demi kemajuan dan kesejahteraan. Bendahara RW 45 setiap 6 bulan membuat laporan tertulis lalu lintas kas RW yang diedarkan ke seluruh warga tentang informasi keuangan, sumber pemasukan, dan belanja RW. Sumber pemasukan yang paling banyak berasal dari sumber jimpitan (iuran) uang ronda yang diperoleh pada setiap malam, kecuali pada malam Minggu dimana jimpitan uang ronda dikelola pemuda untuk kas organisasi pemuda.

Dari kas RW  yang dikelola dengan manajemen terbuka tersebut pengurus dapat menggunakannya untuk pembangunan sarana dan prasarana RW dan belanja aset inventaris seperti kursi, gelas, tikar, dan lainnya. Bahkan mereka mampu menyelenggarakan kegiatan rekreasi bersama warga RW ke luar kota dengan menyewa 5 armada bus. (Wasana/KIM Depok)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts