Masyarakat Diminta Manfatkan Lahan Kosong

Tanam PohonSleman – Penjabat Bupati Sleman, Ir Gatot Saptadi meminta masyarakat Sleman untuk dpat  memanfaatkan lahan pekarangan kosong guna menanam tanaman produktif yang memiliki nilai ekonomis. Gatot menyampaikan hal tersebut saat melaunching  Sistem Tanaman Tabungan Sekolah (STTS) bagi warga dan siswa didik di  Dusun Sumber Gamol, Desa Balecatur Kecamatan Gamping Sleman, Kamis (17/9).

Launching ditandai dengan penanaman pohon buah oleh penjabat Bupati Sleman dan dari  PT Pertamina (Persero) TBBM Rewulu didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Sleman, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Sleman, Camat serta Kepala Desa Balecatur. Juga dilakukan penanaman pohon jahe di polibax yang dilanjutkan penanamannya oleh siswa-siswi SD di Balecatur.

Dikatakan Gatot melalui kegiatan penanaman dengan Sistem Tanaman Tabungan Sekolah (STTS) bagi warga dan siswa didik ini dapat meningkatkan taraf kesejahteraan dan pendidikan pada masyarakat Dusun Sumber Gamol, mengingat di Sumber Gamol dengan 235 KK , 75 KK masih rentan miskin.

Ditambahkan  Gatot bahwa  sektor pertanian masih menjadi sektor unggulan di Kabupaten Sleman, hal tersebut dapat dilihat dari masih tingginya masyarakat Kabupaten Sleman yang masih menggantungkan mata pencahariannya dari sektor pertanian.

Pada tahun 2014 sektor pertanian menyerap tenaga kerja terbanyak  yang mencapai 23,56% dari jumlah penduduk Sleman yang mencapai 1.062.801 jiwa.  Sektor pertanian juga menjadi penyumbang PDRB primer terbesar di Kabupaten Sleman yaitu sebesar 12,59% pada tahun 2014.

“Melalui program ini, diharapkan para petani memperoleh alternatif aktifitas pertanian dengan memanfaatkan pekarangan yang ada. Sehingga penerapan program ini tidak terbatas pada kepemilikan lahan yang luas namun cukup memanfaatkan perkarangan dengan mengaplikasikan metode yang sesuai dengan lahan tanam,” tutur Gatot.

Sejalan dengan kegiatan tersebut, lanjutnya diharapkan para petani di Dusun Sumber Gamol dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin. Sehingga para petani memiliki pengetahuan tentang perilaku budidaya pertanian yang ramah lingkungan serta tujuan dari STTS dapat tercapai, yakni meningkatnya pendapatan petani sekaligus anak petani di Dusun Sumber Gamol dapat memiliki tabungan sekolah.

Melalui kegiatan ini semua anak di Dusun Sumber Gamol memiliki tabungan sekolah, sekaligus dapat menjadi tambahan pemasukan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Dusun Sumber Gamol,  Desa Balecatur Gamping.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts