MCCC Sleman Terjun Cegah Penyebaran Corona

Dalam upaya penanggulangan Covid-19, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sleman menindaklanjuti instruksi Pimpinan Pusat dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah melalui Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Sleman yang bertugas mengkoordinasikan seluruh aktivitas Muhammadiyah dalam membantu pemerintah melawan penyebaran Virus Corona.

“Strategi yang digunakan adalah menggerakkan semua sumber daya Muhammadiyah di semua tingkatan unsur pimpinan Daerah Muhammadiyah, Aisyiyah, Lembaga Penanggulangan Bencana, Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah, Majelis Pelayanan Sosial, Pemuda dan Nasyiatul Aisyiyah beserta organisasi otonom untuk mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan Sleman,” tandas H. Tuyahmin selaku Koordinator MCCC.

Selain fungsi koordinasi ditambahkan Tuyahmin yang tidak kalah penting adalah menyusun panduan-panduan khusus yang berkaitan dengan perilaku, ibadah, kehidupan sehari-hari untuk masyarakat dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta cara memutus penyebaran virus corona.

“Kami memohon dukungan kepada seluruh stakeholder, baik di kalangan Muhammadiyah maupun di luar Muhammadiyah untuk bersama-sama membantu melalui program diri sendiri yang tinggal di rumah, maupun dengan kontribusi yang lain, baik berupa dukungan moral, finansial, dan dukungan lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, M. Fauzan Y dari unsur Lembaga Penanggulangan Bencana yang ditemui di kompleks SMKM Turi Sleman pada Senin (30/3/2020) mengatakan fokus kegiatan MCCC Sleman adalah penyemprotan disinfektan dan edukasi masyarakat tentang pentingnya social distancing.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari, dengan harapan dapat menekan penyebaran dan mengurangi jatuhnya korban karena wabah Corona di wilayah Kabupaten Sleman,” tegasnya.

Dikatakan Fauzan, pihaknya berupaya mengoptimalkan seluruh tim relawan MCCC Sleman untuk melakukan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi social distancing di sejumlah Amal usaha Muhammadiyah (AUM) dan Masjid, serta literasi tentang Covid 19 di 17 kecamatan di Kabupaten Sleman. (Arief Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts