Melihat Penyimpanan Benda Pusaka di Kampung Literasi Pakem

Pakem – Keberadaan benda pusaka seyogianya harus dilestarikan. Selain menjadi bukti perkembangan sejarah di Indonesia, melestarikan benda pusaka merupakan bentuk  penghormatan terhadap leluhur. Hal tersebut yang melatarbelakangi salah satu anggota Kampung Literasi Pakem (KALIPA) membuat Pawon Kalipa, sebuah tempat kuliner yang juga menjadi tempat untuk melesetarikan dan menyimpan benda pusaka.

Budi Sarjono, salah satu pengurus di Pawon Kalipa menuturkan, ide pembuatan tempat penyimpanan benda pusaka yang berada di Kampung Literasi Pakem (KALIPA) ini berawal dari Dhiah Ayu Wartaningsih, salah satu tokoh spiritual yang tergabung dengan Kalipa.

“Mbak Dhiah waktu itu mendapatkan hibah titipan berupa pusaka, tapi tidak tahu mau disimpan di mana,” ujar Budi saat ditemui di Kampung Literasi Pakem yang berada di Padukuhan Kregen Pakemgede, Kalurahan Pakembinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Kamis (23/9/2021).

Dhiah kemudian berdiskusi dengan Budi dan melakukan perhitungan lahan yang ada. Dari sana, Dhiah kemudian berinisiatif untuk membuat sebuah tempat yang memang khusus digunakan untuk menyimpan benda-benda pusaka yang ada.

“Ketika mengukur tanah, ada kelebihan yang bisa dijadikan tempat pusaka,” ujar Budi lagi.

Saat ini, Pawon Kalipa telah memiliki beberapa simpanan benda pusaka, di antaranya adalah beberapa gamelan Pelog Slendro, Wayang Kulit, dan Tosan Aji. Pada Kamis (23/9/2021), Pawon Kalipa juga menerima hibahan pusaka dari Banyuwangi, Jawa Timur berupa gamelan yang dipercaya sudah ada sejak era Majapahit, wayang, dan keris.

Budi juga menuturkan, nantinya di Kalipa ini juga akan dibangun museum sepeda yang akan memamerkan beberapa sepeda yang dinilai memiliki sejarah, seperti Sepeda Bung Karno, Sepeda Ade Irma Suryani, Sepeda Presiden Jokowi yang digunakan ketika kampanye di Kridosono, dan Sepeda Hamengkubuwono 6 dan 7.

“Nanti ini bisa menjadi bagian destinasi wisata, terutama untuk anak-anak,” imbuh Budi. (Rep Rahayu)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts