Mengabdi Melalui Pengembangan Teknologi Tepat Guna

Ngaglik – Salah satu wawasan yang disampaikan untuk mendukung kegiatan PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) pada rapat koordinasi penyaluran bantuan langsung masyarakat PAMSIMAS, Selasa (26/3/2019) di Kantor PU Kabupaten Sleman, adalah penjelasan tentang Pompa Hidram oleh Jarot, pemilik CV OTODA, bengkel mesin rekayasa teknologi tepat guna.

Menurut Jarot, kebutuhan air di tempat yang lebih tinggi dari sumber air, baik karena merupakan daerah tadah hujan, pegunungan, atau dataran tinggi, baik kebutuhan air untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk pertanian perlu dipompa.

Menurutnya, beberapa kelebihan pompa hidram produksi CV OTODA adalah bekerja tanpa menggunakan bahan bakar minyak maupun listrik. Pompa ini bekerja memanfaatkan tenaga aliran air menjadi tekanan dinamik sebagai akibatnya menimbulkan palu air sehingga terjadi tekanan tinggi dalam pipa tabung.  Dengan demikian katup terbuka dan tertutup secara bergantian yang menyebabkan tekanan dinamik diteruskan hingga tekanan inersia yang terjadi pada pipa pemasukan mendorong air naik ke pipa pengantar dan seterusnya sampai ke bak penampung. Selain hemat karena tanpa listrik dan bahan bakar, pompa Hidram juga mudah perawatan. Hanya perlu mengganti klep, bisa diajari cara membuatnya dari bahan karet ban bekas.

Dihubungi usai acara, Jarot menjelaskan bahwa usaha teknologi tepat guna yang dijalaninya didasari oleh keinginan untuk melayani kebutuhan masyarakat akan teknologi tepat guna untuk memperlancar dan mempermudah berbagai aktivitas dan usaha. Ada banyak produk yang sudah dihasilkan seperti mesin spinner, oven roti, mesin perajang pakan, mesin parut kelapa, mesin peras santan, mesin sangrai kopi, mesin sangrai teh, mesin dehidrator, mesin jenang dodol, mesin giling tahu, mesin bakmi, mesin pembuat emping, dan masih banyak lagi. Produk-produk tersebut juga sudah dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Jarot berharap usahanya bisa membantu masyarakat dalam berwirausaha usaha.

“Kami senang jika ada orang yang ingin berusaha, dan senang jika ada pengusaha yang semakin besar dan sukses. Kami juga bangga karena dipercaya dan produk kami dipergunakan. Kami selalu siap untuk membantu maupun berkomunikasi, bisa datang langsung ke kantor dan workshop kami di Jalan Parasamya No 48 Beran Lor, Tridadi, Sleman, atau bisa dengan menghubungi melalui 081231961288,” jelasnya lagi. (End)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts