Mengangkat Kembali Potensi Agrowisata Waduk Gadung

Turi – Banyak objek wisata yang stagnan dalam mengembangkan potensinya ketika sudah diluncurkan. Salah satunya adalah objek wisata Waduk Gadung yang berada di Dusun Gadung, Bangunkerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman. Objek wisata yang menyediakan fasilitas penanaman salak pondoh secara langsung, tempat bermain anak, pemancingan, dan kolam renang mengalami kendala dalam rangka pengembangan lebih lanjut.

Hal tersebut yang menjadi alasan Pemerintah Kalurahan Bangunkerto menggelar Pelatihan Argowisata. “Pelatihan pengelolaan Agrowisata berupa cara pengelolaan wisata, pemasaran, dan menampilkan atraksi-atraksi yang ada di sekitar kawasan Agrowisata,” terang Mawardi, salah seorang pengelola argowisata ketika ditemui pada Rabu (23/6/2021).

Selain untuk menambah pengetahuan pengelola, pelatihan yang terselenggara memanfaatkan dana keistimewaan ini juga digunakan untuk memberi bekal pengetahuan kepada para petani dalam hal penataan kebun wisata dan wisata perikanan.

Pelatihan berlangsung selama dua hari, dan diadakan di Pendopo Agro Wisata Gadung dengan mendatangkan pembicara dari OPD di Kabupaten Sleman, diantaranya Dinas Pariwisata, dan Dinas Pertanian dan Perikanan.

Lurah Bangunkerto, M.A. Makruf berharap dengan adanya pelatihan ini dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam rangka pengembangan objek wisata Waduk Gadung. Ia melihat di Waduk Gadung ini masih banyak potensi yang masih belum dikembangkan secara maksimal.

“Kebutuhan akan tempat rekreasi dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang kegiatan pariwisata sekaligus memanfaatkan potensi alam yang ada yaitu berupa perkebunan Salak Pondoh di Kabupaten Sleman yang menggabungkan berbagai unsur rekreasi, konservasi, edukasi serta petualangan sebagai andalan untuk menarik minat pengunjung dan menambah kesejahteraan masyarakat sekitar,” tambah Makruf. (Arief Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts