Merti Umbul Wadon, Bentuk Rasa Syukur Terhadap Tuhan

Forum Peduli Penyelamatan Sumber Mata Air Umbul Wadon telah melaksanakan Merti Umbul Wadon, Kamis (31/12/2020), bertempat di Sumber Mata Ari Umbul Wadon, Desa Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan. Acara dihadiri langsung oleh Panewu Cangkringan, Suparmono. Selain itu, hadir juga Pelestari Budaya Bejo Wiryanto, Lurah Hargobinangun Pakem, Lurah Wukirsari Cangkringan, Komunitas Penyelamatan Sumber Mata Air, PMI Cangkringan, dan PMI Pakem.

Suparmono dalam sambutannya mengimbau agar masyarakat dapat menjaga kebersihan dan mengamankan dari kerusakan agar Sumber Mata Air Umbul Wadon tetap lestari dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sementara itu, Bejo Wiryanto selaku Pelestari Budaya menyatakan bahwa acara merti ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan.

“Merti Umbul Wadon dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas Sumber Mata Air Umbul Wadon yang sangat bermanfaat, baik untuk masyarakat Cangkringan maupun untuk masyarakat Yogyakarta,” ujar Bejo

Bejo juga menyampaikan mengenai kondisi terkini Sumber Mata Air Umbul Wadon. Menurutnya, kondisi debit air di Sumber Mata Air Umbul Wadon saat ini mengalami penurunan.

“Untuk itu, akan dilaksanakan penghijauan dengan penanaman seribu pohon beringin di sebelah utara Umbul Wadon,” tambah Bejo.

Acara Merti Umbul Wadon sendiri diakhiri dengan doa dan dilanjutkan dengan makan bersama. (KIM Cangkringan/Mujiyanta)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts