MTs N 4 Sleman Salurkan Bantuan Untuk Siswa dan Warga Kurang Mampu

Sleman – Memasuki bulan suci Ramadan, sejumlah pihak menggelar sejumlah aktivitas sosial berbagi guna membantu sesama. Tak terkecuali pada lembaga pendidikan layaknya Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 4 Sleman yang membagikan bantuan kepada siswa dan warga sekitar sekolah di Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman, Sabtu (10/4/2021).

Menurut Kepala MTs N 4 Sleman, Istoyo Bambang Irianto, kegiatan rutin tiap tahun ini merupakan bentuk kepedulian sekolah terhadap siswa dan masyarakat dalam menyongsong bulan Ramadan.

“Setiap mau puasa, agar fakir miskin di sekitar kita dan anak-anak kita itu tidak terjadi kekhawatiran tidak dapat sahur maupun berbuka,” ujar Istoyo.

Istoyo menuturkan bahwa bantuan yang dibagikan bersumber dari dana Badan Amil Zakat Nasional Daerah (Baznasda), Taktis, serta guru PNS. Adapun bantuan yang diberikan berupa paket sembako yang terdiri dari beras 5kg, gula, minyak, mie, dan sirup.

Tak hanya dibagikan pada siswa dan masyarakat sekitar, kegiatan bakti sosial ini juga dibagikan pada Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT).

“Jadi yang utama di dalam bakti sosial itu, sasarannya adalah fakir miskin di sekitar kita, itu ada dua dusun sekitar 35 orang. Yang kedua, sasarannya adalah siswa-siswa yang kurang mampu, itu ada sekitar 5 anak tiap kelas dari total 18 kelas, jadi ada 90 anak. Kemudian bapak ibu guru GTT dan PTT. Totalnya 154 orang,” jelas Istoyo.

Untuk teknis pembagian, penerima bantuan mendatangi langsung ke sekolah, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan pembagian sesi.

Berkat adanya kegiatan bakti sosial ini, sejumlah penerima bantuan pun merasa terbantu. Misalnya saja Sumiyati, warga sekitar sekolah.

“Matur nuwun pun paringi meniko. Alhamdulillah merasa terbantu sekali, aku kan barusan suamiku meninggal, apalagi masih ada anak kecil kelas 5 dan umur sudah 57, jadi terimakasih banget. Mugi-mugi MTs lebih maju, guru-guru mendapat rahmat Allah,” ungkap Sumiyati.

Begitu juga bagi Tri, wali dari siswa Romi Darmayanti yang berterimakasih kepada MTs 4 Sleman karena telah membantu keluarga yang kekurangan.

Sementara itu, Samsul Arif, selaku guru GTT penerima bantuan merasa kegiatan ini amat membantu. Ia juga berharap agar kegiatan bermanfaat seperti bakti sosial ini dapat terus berlanjut dikemudian hari.

“Alhamdulillah program seperti ini tentunya sangat membantu ya, khususnya untuk guru-guru GTT dan PTT baik juga ekstrakulikuler. Dan ini tentunya sebagai kepedulian dari madrasah kepada kami yang berstatus GTT dan TTP. Semoga bisa dilaksanakan terus untuk masyarakat di sekitar sini,” tuturnya. (Rep Afiqa)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts