Mudahnya Mendapat Informasi Dorong Kerja Sama Pemerintah dengan Masyarakat

Informasi yang selama ini dicari masyarakat melalui pemerintah desa pada umumnya hanya seputar pembangunan desa saja. Padahal ada banyak informasi yang bisa dan perlu diketahui masyarakat dari pemerintah desa.

Hal tersebut ditengarai karena masyarakat hingga saat ini belum menganggap pemerintah desa sebagai badan publik. Melihat kondisi ini, Ketua Komisi Informasi Daerah (KID) DIY Hazwan Iskandar Jaya, mengimbau pada seluruh pemerintah desa untuk membiasakan memposisikan diri sebagai badan publik. Imbauan ini disampaikannya dalam acara Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Desa/ Kelurahan se-DIY di Kantor Kecamatan Minggir, Rabu (10/04/19).

Ketua KID DIY Hazwan Iskandar Jaya, mengatakan dalam Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik, partisipasi masyarakat itu linier dalam proses pengambilan kebijakan publik.

“Jika masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi maka antara pemerintah desa dan masyarakat bisa saling bekerja sama. Misalkan pemerintah desa bisa melayani masyarakat dengan maksimal yang didapat dari informasi masyarakat. Kemudian pengetahuan masyarakat tentang program-program pemerintah desa bisa membuat masyarakat memahami bagaimana progresnya,” ujar Hazwan.

Di sisi lain Noor Hidayati Zakiah Pramulani, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, mengatakan Dinas Kominfo Kabupaten Sleman siap mendukung keterbukaan informasi publik dengan penyediaan website desa secara gratis. Dari website tersebut masyarakat nantinya dapat mengakses seluruh informasi yang diinginkan, kecuali informasi yang dikecualikan. (Rep Rara)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts