Musrenbang Desa Bangunkerto Upayakan Program Tepat Sasaran

Turi – Penanganan stunting dan PAUD perlu mendapat perhatian khusus dalam perencanaan APBDes. Kedua hal ini dinilai sangat penting untuk mencetak SDM yang berkualitas.  Demikian disampaikan Camat Turi Abdul, Haris Sunarya dalam kegiatan Musrenbang tingkat Desa Kamis (19/9/19). Kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Desa Bangunkerto ini dihadiri oleh tokoh masyarakat dan pengurus lembaga desa, perangkat desa, dan perwakilan dari Kecamatan Turi.

“Anggaran untuk kegiatan posyandu dan PAUD perlu selalu ditingkatkan di setiap tahunnya supaya anak balita di Bangunkerto tidak ada lagi yang kurang gizi dan bisa belajar di PAUD dengan demikian Bangunkerto akan bebas dari gizi buruk,” ujar Haris.

Sementara itu, Kepala Desa Bangunkerto, Anas Maruf, mengatakan agar APBDes efisien penggunaanya, Pemerintah Desa Bangunkerto telah membentuk tim verifikasi untuk tahun depan. Tim verifikasi yang terdiri dari pendamping desa dan tokoh masyarakat ini sudah bekerja untuk meninjau langsung khususnya di bidang pembangunan baik perbaikan jalan maupun drainase yang diusulkan dari padukuhan.

“Ini untuk mengetaui mendesak dan tidaknya  usulan tersebut untuk dilaksanakan di tahun 2020 dan hasil verifikasi ternyata dari beberapa ajuan ada yang belum mendesak untuk segera dibangun maka dianggarkan di tahun berikutnya,” jabar Anas.

Dlama Musrembang ini, salah satu tokoh masyarakat Ridwan mengusulkan untuk diadakannya penghijauan masal di Desa Bangunkerto mengingat sekarang ini dampak dari kekeringan sangat terasa yaitu berkurangnya sumber mata air.

“Diharapkan dengan adanya program penghijauan yang didanai dari pemerintah nanti ke depannya bisa meningkatkan sumber air,” ujarnya.

Selain itu Ridwan juga mengusulkan untuk menambah anggaran di bidang pemberdayaan masyarakat terutama untuk kelompok budidaya ikan dan pelatihan kuliner.

Semua masukan dari berbagai unsur tersebut akan ditampung oleh desa dan akan diakomodir serta dimasukkan dalam APBDes 2020 sehingga diharapkan nantinya program-program di APBDes 2020 bisa tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Bangunkerto. (KIM Bangunkerto Turi/Harman)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts