Nasi Berwarna Biru di Lereng Merapi

Sleman – Makanan khas Jogja yang paling terkenal tentulah gudeg, meskipun sebenarnya masih ada banyak sekali sajian kuliner lain yang tak kalah istimewanya. Salah satunya adalah paket makanan dan minuman yang warnanya serba biru.

Makanan dan minuman serba biru ini dapat ditemukan di rumah makan bernama Griyo Dhahar Erista Garden, Jalan Kaliurang Km 17, Kabupaten Sleman. Warna biru pada makanan dan minuman tersebut diambil dari warna khas bunga telang, sebuah bunga yang sejatinya sangat mudah ditemukan sebab tergolong tumbuhan yang dapat hidup dimana saja, aman untuk dikonsumsi, dan memiliki khasiat untuk mata serta antioksidan yang baik bagi tubuh.  

“Aman mbak, bunga telang itu sebenarnya umum, banyak ditemukan, tapi setelah dibikin makanan dan minuman ternyata itu enak. Pasti kita nyoba-nyoba dulu awalnya,” tutur Rima, staf marketing Griyo Dhahar Erista Garden, Minggu (16/6/2019).

Untuk minuman, bunga telang ini bisa divariasikan ke dalam banyak jenis minuman di antaranya es kembang telang lemon, es kembang telang rosela, es kembang telang timun selasih, es kembang telang susu, es kembang telang degan, dan es kembang telang stroberi. Kemudian untuk makanan ada nasi megono, makanan tradisional Jawa yang bedanya disini adalah nasinya berwarna biru dilengkapi dengan lauk pauk yang disajikan di atas nampan bambu.

Hadirnya makanan minuman serba biru ini bermula dari kegemaran sang pemilik Griyo Dhahar Erista Garden mengoleksi tanaman hingga akhirnya memiliki ide untuk membuat taman, sekaligus menjualnya. Kemudian konsep tersebut berkembang menjadi taman dengan resto yang menjual makanan serta minuman dengan mengedepankan kekhasan bunga telang yang berwarna biru.

Warnanya yang berwarna biru barangkali akan memberikan sensasi aneh secara visual sebelum mencobanya. “Rasanya enak, pewarna dari bunga telang ini unik jadi pewarna alami,” tutur Rizky, salah salah satu pembeli.

Kawasan Jalan Kaliurang Km. 17 ini berada tidak jauh dari tempat wisata Kaliurang yang sudah terkenal sebagai wisata lereng Gunungapi Merapi. Ciri khas disini adalah udaranya segar, sejuk, banyak persawahan asri dan kebun bunga. Apabila berkunjung pada pagi hari, maka mata akan dimanjakan dengan penampakan gunung Merapi yang sangat gagah. Jika melancong ke Sleman, tidak ada salahnya untuk mencicipi hidangan unik berwarna biru olahan bunga telang ini. (Rep Bilqis)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts