Padepokan Tapak Suci Naga Kembar Gelar Ujian Kenaikan Tingkat

Turi – Padepokan Tapak Suci Muhammadiyah Naga Kembar mengadakan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) untuk para siswanya selama 2 hari, dari Sabtu (9/10/2021) sore hingga Minggu (10/10/2021) pagi di Gedung Olahraga Balai Kalurahan Donokerto Rengasdungo, Kapanewon Turi, Sleman.

Kegiatan juga diisi dengan pelaksanaan solat berjamaah dan siraman rohani yang disampaikan oleh Ustaz Basuki Kasihono. Pada kesempatan tersebut, Basuki berpesan agar selalu menanamkan iman dan niat dalam melakukan apapun, termasuk untuk bela diri.

Ketua Padepokan Naga Kembar Turi, Sukiman menuturkan UKT kali ini diikuti oleh 46 orang siswa, yang terdiri dari tingkat dasar, melati cokelat satu, dua, dan tiga. “Sementara untuk siswa tingkat melati cokelat 4 disiapkan untuk UKT berikutnya di bulan Desember 2021,” ujar Sukiman.

Sementara Bahari, salah satu panitia UKT mengatakan bahwa para peserta harus mengikuti 2 materi ujian, yaitu ujian tulis tentang Al-Islam dan ke-Muhammadiyahan serta organisasi tapak suci dan ujian ragawi yang meliputi ketahanan fisik dan penguasaan jurus.

“Dua materi ini diberikan oleh tim penguji Pimda Tapak Suci kepada atletnya yang harus dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku, agar anggota yang naik mengikuti proses ujian tingkat dapat memenuhi persyaratan baku anggota tapak suci,” jelas Bahari.

Bahari berharap dengan pelaksanaan ujian ini dapat menjadi sarana untuk menggembleng fisik dan mental para atlet sebagai untuk berbaur di masyarakat. “Bila telah menguasai bela diri tetaplah rendah hati, tidak sombong, dan jangan berlaku semena-mena pada yang lemah. Tumbuhkan jiwa suka menolong, apalagi kepada yang membutuhkan,” tambahnya. (Arief Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts